PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - SMAN 1 Rambahsamo, Rohul, Riau saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Paling tidak ada 5 kelas yang perlu segera diperbaiki untuk kenyamanan proses belajar mengajar.

Hal ini disampaikan Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Rambahsamo, Piono, Rabu (29/10/2014). Ia mengatakan sebagian ruangan di sekolah tersebut mengalami kerusakan dan membutuhkan anggaran untuk merehabilitasinya. Pemkab Rokan Hulu diharapkan bisa koperatif, sehingga beberapa Ruang Kelas Belajar (RKB) layak digunakan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Saat ini SMAN 1 Rambahsamo hanya mempunyai guru honor komite 8 orang, sedangkan muridnya sekitar 496 orang, melihat kondisi RKB sekolah ini masih kurang efektif dan menggangu para pelajar dalam KBM, karena kondisi bangunan sudah mulai parah kerusakannya.

Kerusakan terjadi di bagian dinding dan lantai dan lantainya sudah berlobang-lobang begitu juga meja murid-muridnya sudah kurang layak dipakai untuk kondisi belajar. ''Begitulah kondisi ruangannya bapak bisa lihat sendiri ruangan murid kami yang kurang layak ini,'' ucapnya.

Untuk itu Kasek SMAN I Rambahsamo sangat berharap Pemkab Rokan Hulu, khususnya pihak Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Rokan Hulu meninjau sekolahnya dan memberikan bantuan untuk merenovasi ruangan yang kurang layak tersebut.

Namun Kasek SMAN I Rambahsamo masih bisa bersyukur karena di sekolahnya sudah ada teknologi tepat guna untuk membantu muridnya dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dengan mengunakan internet dengan jaringan Wifi. ''Kemudian kita cuma baru memiliki tiga infokus dan beberapa infokus lagi untuk melengkapi kebutuhan KBM nanti,'' pungkas Piono. (ram)