SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi mengatakan, dari bulan Desember 2010 hingga Desember 2014, jumlah penduduk Kabupaten Siak mengalami peningkatan sebanyak 112.524 jiwa, atau naik sekitar 22,5 persen dari tahun 2010 yang berjumlah 388.506 jiwa. Sementara pada Desember 2014 penduduk Kabupaten Siak berjumlah 501.030 jiwa.

"Peningkatan ini disebabkan karena perpindahan penduduk dan kelahiran. Kalau dibagi, sekitar 29 ribu per tahunnya. Presentase yang cukup tinggi ini diperkirakan jumlah penduduk Kabupaten Siak tahun 2020 akan mencapai 706.056 jiwa," kata Syamsuar, saat membuka Pencanangan Bulan Bhakti TNI-KB dan Kesehatan di halaman Puskesmas Kecamatan Minas, Selasa (4/8/2015).

Jika fenomena ini benar-benar terjadi, lanjut Bupati, tantangan yang akan dihadapi akan semakin berat, karena tingkat persaingan hidup semakin tinggi, lahan perkebunan dan pertanian semakin menyempit. Sementara, lapangan pekerjaan akan diisi orang yang berkualitas dari luar daerah dan semakin banyak lagi persoalan yang akan dihadapi.

"Program KB dengan dua anak lebih baik diterapkan agar keluarga kita nantinya menjadi keluarga yang berkualitas, sehingga mampu bersaing," ujarnya.

Selain itu, Kabupaten Siak menjadi daerah tujuan migrasi terbesar di Provinsi Riau dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Hal itu disebabkan daya tarik kebijakan dan program pembangunan pemerintah daerah, seperti pendidikan dan kesehatan gratis serta terbukanya lapangan kerja.

"Saya mengajak semua lapisan masyarakat terlibat aktif dalam menangani masalah kependudukan dengan mengikuti program KB yang kita laksanakan ini. Sehingga, melalui kerjasama kemitraan BKKBN dengan TNI, mari kita tingkatkan penguatan dan percepatan pencapaian sasaran program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga RPJMN 2015-2019," paparnya.

Ikut hadir Wakil Bupati Siak H Alfedri, Camat Minas Aprizal, Dandim 0303 Bengkalis yang diwakili Danramil Siak, Kepala BP3AKB H Arfan Usman, Ketua TP PKK Siak Hj Misnarni Syamsuar, Wakil Ketua TP PKK Hj Rasidah Alfedri, Ketua Dharma Wanita Siak Hj Rahimawati Hamzah, Camat beserta Ketua PKK Kecamatan se-Kabupaten Siak dan sejumlah Penghulu se-Kecamatan Minas.

Usai membuka pencanangan KB, Bupati beserta rombongan meninjau bazar PKK Kecamatan Minas, pelayanan kesehatan dan donor darah.(nal/rls)