BENGKALIS,GORIAU.COM - Hasil resmi Pemilu Legislatif 2014 memang belum diumumkan secara oleh KPU. Namun berdasarkan data perolehan suara sementara yang dirangkum dari tim sukses maupun pantauan langsung, sejumlah caleg incumbent berpeluang duduk kembali.

Dapil Bengkalis-Bantan, incumbent yang berpeluang besar terpilih kembali adalah Indra Gunawan (Partai Golkar), Sofyan (PDI-P), Heru Wahyudi (PAN), Jamal Abdillah (PKS) dan M Tarmizi (PPP). Sementara sejumlah muka baru juga bertarung ketat memperebutkan 10 kursi, antara lain Mustafa Alwi (Golkar), Zamzami, Syaukani (PAN), Sulaiman Zakaria, Moris B Sihite, Kusmayadi (Demokrat), Zulhelmi, Islal Tria Putra (PKS), Indrawan Sukmana (Gerindra), Basri, Irmi Syakip Arsalan (PKB), Firman (PPP), Irwan Saputera (PDI-P).

''Alhamdulillah, hasil perolehan suara sementara dari dapil ini cukup lumayan. Data dari tim pemantau kita di PDI-P, perolehan suara partai sudah melewati 5 ribuan dan suara saya sekitar tiga ribuan. Doakan, semoga terpilih kembali dan bisa berbuat lebih banyak lagi untuk Kabupaten Bengkalis ini,'' papar Sofyan, caleg incumbent dari PDI-P, Kamis (10/4/2014).

Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Bengkalis, H. Sulaiman Zakaria belum berani memberikan keterangan resmi terkait hasil perolehan partai yang dipimpinnya tersebut. Termasuk soal peluang dirinya, Sulaiman hanya berucap syukur karena perolehan suaranya sudah melebihi dua ribuan dan berpeluang duduk sebagai pendatang baru di DPRD Bengkalis.

Dapil Rupat-Utara, dua dari empat kursi yang diperebutkan untuk DPRD Bengkalis hampir dipastikan milik Nurazmi (Demokrat) dan Abdul Kadir (PAN). Paman dan keponakan ini sudah meraup suara di atas 3.000. Abdul Kadir juga merupakan caleg incumbent. Dua kursi lagi bakal diperebutkan empat caleg yaitu Edy Sabara (Nasdem), Syahrial (Golkar), Zamzami Harun (Gerindra) dan Misliadi (PKB).

''Dari penghitungan suara tim kita di lapangan, mudah-mudahan Partai Nasdem memperoleh satu kursi. Hitungan sementara kursi ketiga bisa jadi milik kita. Hasil pastinya tergantung dari hasil rekapitulasi akhir perolehan suara di PPK dan KPU Bengkalis,'' ujar Edy Sabara.

Untuk Dapil Bukit Batu-Siak Kecil, yang meperebutkan lima kursi, ada empat incumbent yang bertarung, Firzal Furdhoil (Golkar), Azmi R Fatwa (PKS), Anom Suroto (Demokrat) dan Misran (PDI-P). Perolehan suara sementara, perolehan kursi PAN disebut-sebut melejit, dimana nama Fachrul Mizam dan Rahma Yeni berpeluang mengisi kursi DPRD Bengkalis lima tahun mendatang.

Di Dapil Kecamatan Pinggir yang memperebutkan tujuh kursi, ada Amril Mukhminin (Golkar), Abdul Halim Hasibuan (PKS), Rosmawati Florentina, Daud Gultom (PDI-P), Kurnianto (PBB) dan Jamadin Sinaga (Demokrat) yang incumbent, juga masih berpeluang terpilih lagi.

Sedangkan di Dapil Mandau A dan Mandau B belum diperoleh sama sekali hasil sementara perolehan suara parpol dan caleg. Luasnya wilayah serta kepadatan penduduk menjadi salah satu penyebab keterlambatan di kecamatan berpenduduk 300 ribu jiwa itu. Dimana pada pileg tahun 2009 lalu, proses penghitungan suara di dapil Mandau memakan waktu lebih sebulan, karena banyak protes dari parpol dan caleg.

Di Dapil Mandau A dan B, sejumlah incumbent yang bertarung kembali seperti Nanang Heryanto dan Rismayeni (Demokrat), Fidel Fuadi, Khusaini (PKS), Thamrin Mali, Hendri (Golkar), Dani Purba (PDI.P), James Rocky P Rumajar (Gerindra), Almi Husni (PKB), Hardoni Archan (Hanura), dan Arwan Mahidin (PPP).

Salah satu caleg incumbent dari Dapil Mandau A, Hardoni Archan mengaku belum mendapatkan hasil perolehan suara secara keseluruhan dari seluruh TPS di Mandau A. Politisi Partai Hanura ini menyerahkan hasil sepenuhnya kepada perolehan resmi suara yang diputuskan KPU Bengkalis.(jfk)