PEKANBARU, GORIAU.COM - Berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal, Muhammadiyah menetapkan hari Idul Adha jatuh pada Rabu (23/9/2015). Menyambung penetapan itu, Pimpinan Pusat (PP) menginstruksikan seluruh pimpinan wilayah dan pimpinan cabang Muhammadiyah se-Indonesia menyiapkan tempat salat Idul Adha.

Begitu juga dengan umat muslim dari ormas Muhammadiyah Pekanbaru, umat muslim melaksanakan Salat Idul Adha 1436 H di halaman kantor PD Muhammadiya Pekanbaru, Jalan KH Ahmad Dahlan Sukajadi, Selada (23/9/2015) dimulai pada pukul 07.20 Wib.

Adapun yang bertindak sebagai khatib dan imam H M Zulfadli S Pd I, kali ini mengambil tema (tauhidul Ibadah dan tauhidul umah) dalam judul khutbahnya.

Menurut Zulfadli, perbedaan ditubuh umat muslim sudah terjadi beribu-ribu tahun, namun perbedaan tersebut bukan untuk diperdebatkan dan dijadikan alat pemecah belah umat.

"Kita adalah umat terbesar didunia, dimana dalam islam perbedaan adalah suatu hal yang wajar, dengan perbedaan tersebut umat muslim terutama warga Muhammadiyah seharusnya tidak menjadikanya sebagai bahan perpecahan," sambutnya.

Dengan tauhidul umah dan tauhidul ibadah itulah, maka seharusnya umat muslim tidak lagi memperdebatkan masalah perbedaan.(dnl)