PEKANBARU – Puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 2024 menuju Kota Pekanbaru yang masuk melalui Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Kota Pekanbaru, diprediksi bakal berlangsung malam ini, Selasa (16/4/2024) hingga dini hari nanti.

Hingga sore tadi, sejumlah bus yang.membawa penumpang menuju Kota Pekanbaru, masih dalam perjalanan, khususnya penumpang dari arah Sumatera Utara dan Pulau Jawa.

Pantauan GoRiau.com di lapangan sore tadi, aktivitas penumpang yang datang belum tampak menonjol. Sejumlah bus dari berbagai arah, memang tampak menurunkan penumpang. Namun aktivitas di terminal tampak tidak terlalu ramai.

Seperti dituturkan Aan dari PO Handoyo dan Hutauruk dari PO JRG Indonesia, saat ini sejumlah armada bus tengah menuju Pekanbaru. Yang terbanyak adalah yang datang dari arah Sumatera Utara dan Pulau Jawa.

"Sekarang masih di jalan dan mengarah ke Pekanbaru. Seperti dituturkan Aan, jumlah armada yang akan masuk ke Pekanbaru kurang lebih sekitar 10 hingga 15 bus. Kami perkirakan nanti malam sudah masuk,’’ terangnya.

Hutauruk mengatakan hal serupa kemungkinan juga terjadi pada armada bus yang lain sehingga diperkirakan bakal ada puluhan bus yang akan masuk melalui Terminal BRPS. "Perkiraan kita, mulai malam nanti hingga dini hari lah," ujarnya.

Sementara itu, Abis, salah seorang penumpang yang baru sampai dari Sumatera Utara, mengaku tidak menemukan kendala begitu sampai di Terminal BRPS.

"Kondisi di terminal cukup nyaman. Aman dan fasilitas umum juga tersedia," ujarnya.

Salah seorang petugas Dinas Perhubungan yang ditemui di lapangan, juga membenarkan bakal terjadinya lonjakan penumpang arus balik ke Pekanbaru.

Menurutnya, untuk menciptakan kelancaran, di Terminal BRPS telah disiapkan petugas gabungan. Mulai dari Dishub hingga TNI-Polri. Dari Dishub sendiri menyiagakan 60 orang petugas. ***