PEKANBARU, GORIAU.COM - Mantan Rektor Universitas Riau (UR) yang juga tokoh masyarakat Kuantan Singingi di Pekanbaru, Prof H M Diah memuji pembangunan pendidikan di Kuansing selama di bawah kepemimpinan Bupati H Sukarmis.

 "Saya tak percaya di Kuansing ada universitas, tapi ternyata ada. ini perlu diapresiasi, terutama Bupati yang menggagasnya," ujar M Diah, saat menyampaikan sambutan di acara Buka Bersama Pemkab Kuansing dengan Ikatan Keluarga Kuantan Singingi (IKKS) Pekanbaru, serta Forum Komunikasi Mahasiswa Kuantan Singingi (Forkomakusi) se-Indonesia, di Hotel Pangeran, Pekanbaru, Sabtu (19/7/2014).

Pada acara yang juga hadir sejumlah tokoh penting asal Kuansing, seperti Prof Dr H Aras Muliyadi (Rektor UR), Ir Mardianto Manan, Prof H Suwardi MS, Ir H Mardjan Ustha, Drs H Raja Ilyas Aman, H Almunir Safei, H Rustam Effendi (mantan Kepala Dinas Sosial ProVinsi Riau)  serta banyak tokoh lainnya dan kalangan mahasiswa /pelajar Kuansing di Pekanbaru.

Prof M Diah menyebutkan, cita-cita pendiri Kuansing agar berdiri bangunan monumental seperti universitas untuk kemajuan SDM Kuansing sudah diujudkan oleh Bupati H Sukarmis. "Kami siap mendukung program Pemkab Kuansing, karena sangat positif untuk kemajuan daerah," ujarnya.

M Diah juga berharap Pemkab Kuansing bisa mendukung dan memfasilitasi keberadaan organisasi kepemudaan, seperti Formakusi di Pekanbaru, Jakarta dan kota lainnya di Indonesia. Sebab pemuda dan pelajar ini merupakan aset daerah yang harus terus dibina..

Sementara Bupati H Sukarmis dalam sambutanya berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, karena telah mendukung berbagai kebijakan pemerintah.

Menurut Bupati, tanpa dukungan, sumbang saran serta pemikiran para tokoh Kuansing dan kalangan mahasiswa, mustahil berbagai pembangunan terwujud. "Karena itulah, saya menyampaikan apresiasi mendalam atas kehadiran para tokoh, mahasiswa dan masyarakat Kuansing di Pekanbaru," tegasnya di hadapan ratusan undangan yang hadir.

Bupati pun berkesempatan melantik pengurus Formakusi Pekanbaru. Di ujung acara. Kabag Umum Setda Kuansing,Yulius Darwis, mengaku puas karena undangan yang hadir melebihi perkiraan. Apalagi tokoh Kuansing yang datang juga merata, seperti tokoh asal Cerenti, Baserah, Sentajo, Simandolak, Kuantan Mudik hingga Singingi dan Taluk tampak pada acara kali ini, ujarnya singkat. Bahkan sejumlah awak media dari Kuansing pun turut hadir,karena itu saya sampaikan terima kasih, paparnya. tlk