PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Sektor (Mapolsek) Bengkalis, berhasil menggagalkan upaya penyelundupan puluhan ton bawang merah yang diduga ilegal. Bawang ini dibawa dari negeri Jiran Malaysia dengan menggunakan kapal motor (KM) Is Jaya melewati jalur sungai. Namun belum sempat menuju pelabuhan, kapal ini kandas karena arus pasang surut.

Sedikitnya 50 ton bawang merah yang diduga ilegal ini berhasil diamankan jajaran kepolisian, Rabu (22/4/2015) kemarin, lantaran kandas sewaktu melintas di kawasan sungai Anak kembung, jalan Sepakat Parit Bengkok, desa Pematang Duku Timur kecamatan Bengkalis.

Informasi yang dihimpun dari kepolisian, melihat kapal kandas yang ditinggalkan awak tersebut, petugas lalu merapat dan melakukan pemeriksaan. Didalam kapal bernomor lambung GT 7 S.18 NO 2507, petugas mendapati sekitar 50 ton bawang merah.

"Polisi kemudian melakukan penyelidikan dengan meminta keterangan sejumlah warga disekitar lokasi. Pengakuan masyarakat setempat, bawang ini diangkut dari Malaysia," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau, AKBP Guntur Aryo Tejo, Kamis (23/4/2015) pagi.

Untuk kepentingan penyelidikan, puluhan ton bawang merah itu akhirnya dibawa dengan menggunakan truk untuk diangkut ke Mapolsek Bengkalis. Sementara terhadap kapal, akan ditarik menuju pelabuhan Polair Polres Bengkalis. (had)