BENGKALIS, GORIAU.COM - Sepakbola memang bundar. Apa saja bisa terjadi, kendati di atas kertas lawan tidak begitu diunggulkan, tapi faktanya bisa saja berkata lain. Hal ini yang dialami tuan rumah Persikalis Bengkalis ketika dipermalukan Nabil FC 1-2 pada pertandingan kedua putaran final Liga Nusantara Riau di Stadion Muhammad Ali, Bengkalis, Senin (29/9/2014) sore.

Padahal di babak penyisahan putaran II yang juga digelar di Bengkalis, Persikalis mampu menundukkan Nabil 2-0. Ini tentunya sunggu di luar dugaan, tapi itulah kenyataan pahit yang harus diterima anak-anak asuhan pelatih Marco Piadi.

Secara statistik pertandingan, memang penampilan Ario Putra dkk sedikit menurun jika dibandingkan saat membungkam Dumai FC 3-1 pada pertandingan pertama, Minggu (29/9/2014). Terutama di babak pertama, mereka seperti kehilang bentuk permainan sehingga dipaksa kecolongan pada menit ke-19 lewat gol tendangan sudur Martha Dinata.

Alur serangan yang dibangun anak-anak Laskar Elang Laut tampak terputus, terutama di lapangan tengah banyak yang kosong. Para pemain tampak diam, tanpa ada pergerakan menusuk sehingga serangan yang dibangun dengan mudah dibaca pemain Nabil. Hingga pluit babak pertama ditiup wasit Retno Santoso, kedudukan tidak berubah 1-0 untuk keunggulan Nabil.

Di babak kedua, pelatih Persikalis, Marco Piadi mencoba merubah permainan dengan menerapkan umpan-umpan pendek yang selama ini memang menjadi ciri khas Persikalis. Strategi ini mulai membuahkan hasil dengan beberapa kali peluang emas yang tercipta.

Persikalis mampu menyamakan kedudukan 1-1 pada menit ke-80 lewat gol tendangan bebas Revo Ramadhan setelah sebelumnya pemain Nabil melakukan pelanggaran. Gol tersebut disambut tepukan gemuruh pendukung tuan rumah yang memadati Stadion Muhammad Ali.

Keberhasilan menyamakan kedudukan menjadi 1-1, semakin membuat pemain Persikalis bernafsu melakukan serangan secara bergelombang. Kondisi ini membuat Ario dkk sedikit lengah di pertahanan. Kondisi ini mampu dimanfaatkan pemain Nabil sehingga lahirlah gol dari tendangan Toni Yudistira di menit 90.

Tertinggal 1-2, pemain Persikalis mencoba menyamakan kedudukan dengan terus melakukan tekanan. Namun sayang sejumlah peluang diraih belum berhasil membuahkan gol. Hingga wasit meniup pluit panjang, kedudukan tidak berubah.

Susunan Pemain

Nabil FC: Rispika Sandra (PG), Rudi Chandra, Novriadi Harianto, Putra Tri Yahya, Toni Yudistira, Martha Dinata, T. Nurul Hadi, Olpi Panuari, Kadarusman Lubis, M. Rahmad dan Hendra (C). Pelatih: Reno Yuska

Persikalis: M. Hafidhin (PG), Andri Iskalnda, Afrijon, Ario Putra (C), Revo Ramadhan, Hambali, Tri Wiyono, Subandi, Andre Alexander, Hariswar Hanif, Wahyu Dwipa. Pelatih: Marco Piadi.(jfk)