RENGAT, GORIAU.COM - Forum Pemantau Pembangunan Riau (FP2R) Indragiri Hulu, Riau, mengecam pernyataan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata (Disporabudsata) Kab. Inhu Ir. Slamat, MM yang mengatakan Komplek Raja Narasinga II tak terurus. Ketua FP2R Inhu, Suhandi mengatakan komentar itu bisa memperlemah semangat pihak pengelola.

Menurut Suhandi yang akrab disapa Bujang Untat ini, pernyataan Disporabudsata itu tidak memiliki dasar, sebab sebagai Juru Pelihara Cagar Budaya Komplek Raja Narasinga II, Saharan telah sukses mengharumkan nama Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ditingkat Nasional, hal ini terkait penghargaan yang diterimanya dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, terkait pelestarian Pelestarian Cagar Budaya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) khususnya Situs Narasinga II Kota Lama.

Seharusnya Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) juga memberi penghargaan kepada Saharan atas keberhasilan tersebut, dan bukan mengeluarkan Statemen yang tidak memiliki alasan. Penilaian harus berdasarkan fakta, jika memang Lokasi Cagar Budaya tersebut tidak terurus, mana mungkin Saharan selaku juru Pelihara Cagar Budaya akan menerima penghargaan terkait hal tersebut.

Sementara itu Saharan ketika dijumpai di Pematang Reba membenarkan bahwa pada tahun 2012, dia telah menerima penghargaan sebagai Juru Pelihara Tedalan (Berprestasi Terbaik) Tingkat Nasional hal ini atas Keberhasilannya dalam pelestarian Cagar Budaya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) khususnya Situs Cagar Budaya Makam Raja Narasinga II.

Hal yang sama juga pernah diterimanya pada tahun 2005 dari Gubernur Riau (Gubri) HM. Rusli Zainal sebagai Pelestari Makam Narasinga II, dan hal ini tentunya tidak lepas dari keberhasilannya, siapa yang akan memberi penghargaan jika kita gagal dalam melaksanakan tugas.

Dilain pihak H. Mailiswin,S.Sos selaku Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan di Disporabudsata Inhu membenarkan hal tersebut, hal ini terkait keberhasilan Saharan sebagai juru pelihara Cagar Budaya di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) khususnya terhadap Situs Cagar Budaya Komplek Makam Narasinga II. (aun)