RENGAT, GORIAU.COM - Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia, tanggal 5 Juni 2013 mendatang akan dilaksanakan di Camp Granit Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT). Penetapan Camp Granit TNBT sebagai lokasi peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia diharapkan mampu memberikan dampak lebih besar pada pelestarian lingkungan, khususnya di Kabupaten Inhu.

''Sesuai perintah dan instruksi Bapak Bupati, puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia tahun ini akan dilaksanakan di lokasi pelestarian lingkungan, Camp Granit TNBT. Ini merupakan yang pertama kali kita lakukan di luar ibukota kabupaten ataupun pusat pemerintahan,'' kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Inhu, Moch Bayu SB, Selasa (28/5/2013).

Diungkapkan Bayu, puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia di Camp Granit TNBT akan dihadiri langsung oleh Bupati Inhu, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Inhu, camat se Inhu serta para pelajar.

''Selain pelaksanaan upacara Hari Lingkungan Hidup sedunia, berbagai kegiatan juga akan dilakukan pada tanggal 4 dan 5 Juni tersebut,'' jelasnya.

Bupati Inhu bersama rombongan, lanjut Bayu, akan berangkat dari rumah dinas pada tanggal 4 Juni 2013 dengan mengendarai sepeda motor. Rute yang akan ditempuh melintasi jalan kebun PT Banyu Bening Utama, Kecamatan Kuala Cenaku menuju Kantor Camat Batang Gangsal.

Di Kantor Camat Batang Gangsal, Bupati akan meninjau pelaksanaan pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Inhu dan menggelar pertemuan dengan masyarakat Desa Talang Lakat. Kemudian Bupati akan menuju Desa Siambul untuk menyaksikan tradisi Sabung Ayam, masyarakat Suku Talang Mamak.

Bupati juga akan meninjau Hutan Tropis dan pengamatan habitan Hariamau di TNBT, meninjau air terjun dan kolam pemancingan di TNBT, menyaksikan tradisi begawai nikah Suku Talang Mamak serta menyaksikan tayangan pesona TNBT di lokasi Camp Granit.

''Keesokan harinya, yakni pada tanggal 5 Juni 2013, Bupati Inhu akan menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup sedunia serta melakukan penanaman pohon bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Pimpinan SKPD, Mapala dan Pramuka,'' jelasnya.

Selain itu, pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup tahun ini, Bupati Inhu akan memberikan penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Kabupaten Inhu, penghargaan lomba mewarnai dan menggambar tingkat TK, memberikan bantuan alat pencacah kompos kepada SMPN 1 Rengat, SMAN 1 Rengat dan SMKN 1 Rengat serta memberikan bantuan peralatan bank sampah.

Bayu berharap pelaksanaan puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup di Camp Granit TNBT dapat memberikan dampak positif khususnya pada perubahan prilaku dan konsumsi untuk keselamatan lingkungan. Sebab salah satu yang menyebabkan dampak buruk terhadap lingkungan adalah prilaku dan pola konsumsi masyarakat yang tidak pro lingkungan. (jef)