PEKANBARU, GORIAU.COM - Sebanyak 60 unit bus akan disiapkan untuk mendukung kelancaran pada Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XIV 2012. Tapi, pihak panitia masih butuh tiga bus khusus untuk atlet cacat.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum PB Perparnas XIV 2012, Emrizal Pakis saat melakukan pemasangan striker bus transpotasi atlet dan offisial Peparnas di Halaman Kantor Gubernur Riau, Selasa (2/10/2012).

Menurut Emrizal, spesifikasi kendaraan bus yang sudah tersedia saat ini sudah sesuai dengan ketentuan. Hanya saja, dari sejumlah bus tersebut, baru satu unit yang baru dipersiapkan khusus untuk para atlet cacat. Diharapkan akan ada dua atau tiga bus lagi yang dimodifikasi untuk kebutuhan para atlet cacat.

Khusus untuk bus atlet cacat ini, kursi (seat) yang ada didalam bus akan dibuka digantikan kursi roda. Tangga naik ke dalam bus sendiri akan dibuatkan secara khusus nantinya. Sehingga para atlet cacat yang ini nantinya tidak merasa kesusahan saat menggunakan fasilitas transportasi bus.

Sementara Kepala Kasi Keselamatan Perhubungan Darat Dinas Perhubungan Riau, Onki Hertawan menyatakan, bus khusus untuk orang cacat ini sendiri terbilang langka di Indonesia. Sebenarnya dulu ada di daerah Solo. Namun sekarang tidak ada lagi. Sehingga pihak panitia terpaksa menggunakan bus umum lalu dirombak dengan disesuaikan kebutuhan orang cacat.

''Kita terpaksa merombak bus untuk kebutuhan untuk para atlit cacat. Kita sudah cari, di Solo dulu ada, tapi tidak ada lagi,'' terang Onki. (nti/rsc)