TELUKKUANTAN - Kader Posyandu adalah ujung tombak kesehatan ibu dan balita. Kader yang terlatih dan handal dapat menurunkan angka kematian ibu dan balita. Tugas tersebut bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tugas semua pihak.

Hal tersebut diungkapkan perwakilan Unit Pelaksana tugas Daerah (UPTD) Kesehatan Kecamatan Singingi Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Andhi Syamsul, S Kep dalam acara Pelatihan Kader Posyandu se Kecamatan Singingi Hilir yang diadakan Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Selasa (24/5) lalu.

''Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan kesehatan para kader untuk memonitoring kesehatan ibu dan balita di Kecamatan Singingi HIlir ini.Tentunya, dengan adanya pelatihan ini dapat meningkatkan kesehatan dan menurunkan angka kematian ibu dan balita,'' ujar Andhi.

Kepala Seksi (Kasi) Ketertiban dan Perlindungan Masyarakat (Trantib) Kecamatan Singingi Hilir mengapresiasi program yang diadakan CD RAPP ini. Sebab, kegiatan ini dapat menyehatkan dan menambah pengetahuan para kader tentang kesehatan, sehingga ilmu yang diperoleh oleh para kader dapat diimplementasikan di desa masing-masing kader.

''Kegiatan in menyentuh lansung masyarakat karena sangat bermanfaat. Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut dan tidak putus ditengah jalan demi meningkatnya kesehtan di wilayah Singingi Hilir ini,'' imbuhnya.

CD Officer estate Logas, Erian Yusti mengatakan tujuan diadakankanya pelatiha ini untuk menunjang kegiatan UPTD Kesehatan dalam mengimplementasikan program Kesehatan Ibu dan Balita melalui kader-kader posyandu yang terlatih.

''CD menginisiasikan pelatihan kader pada hari ini untuk menyegarkan kembali pengetahuan kader-kader posyandu dalam penerapan pelayanan kesehatan ibu dan balita di Desa,'' ujar Erian.

Pelatihan yang berlansung di gedung Sebarguna Kecamatan Singingi Hilir ini diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari kader posyandu Desa Koto Baru, Petai, Sei Paku, Tanjung Pauh, dan 10 kader posyandu yang merupakan binaan CD Logas. Selain itu, juga turut hadir perwakilan PKK serta para Bidan Desa. ***