TELUK KUANTAN, GORIAU.COM - Posisi Asmari sebagai Camat Singingi langsung digantikan oleh Arlis, SSos. Ia langsung ditempatkan sebagai Kepala Bidang Pencatatan Sipil, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) menggantikan Arlis.

Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H. Sukarmis menilai Asmari tidak becus dalam mengurus masyarakat. Sehingga, terjadi hal yang tak diinginkan di Sungai bawang beberapa waktu lalu.

"Kalau camatnya pandai berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan masyarakat, tentu tidak akan ada kejadian seperti kemaren," ujar Sukarmis usai melantik pejabat eselon III dan IV serta 44 Kepala Desa (Kades) terpilih di Gedung Abdoer Ra'oef Teluk Kuantan, Senin (29/6/2015) pagi.

"Kalau camat tak dekat dengan masyarakat, siap-siap akan saya ganti," lanjut Sukarmis.

Dikatakan Sukarmis, camat merupakan perpanjangan tangan pemerintah kabupaten. Untuk itu, segala sesuatu di kecamatan tersebut harus bisa diselesaikan.

"Harus jalin komunikasi dengan segala pihak, dengan ninik mamak, pemangku adat, cerdik pandai dan alim ulama. Jangan hanya di kantor saja," ujar Sukarmis.

Bupati berharap, camat lain harus menjadikan pencopotan Asmari sebagai pembelajaran. "Jangan sampai, kondisi yang sama juga terjadi dengan saudara."

"Saya tidak segan-segan mengganti saudara, sebab masih banyak yang ingin menempati posisi anda saat ini. Hilang satu tumbuh seribu," pungkas Sukarmis.(***)