BENGKALIS, GORIAU.COM - Progres proyek multiyears (MY) jalan lingkar Pulau Rupat yang dikerjakan PT Nawatindo Rekonstruksi senilai Rp300-an miliar, sejauh ini progress di lapangan dinilai masih minim, padahal rekanan sudah mengambil uang muka sebesar 15 persen dari nilai proyek. Untuk tahun ini kembali dialokasikan dana untuk pembayaran proyek MY secara keseluruhan mencapai 60 persen dari total nilai proyek.

Anggota DPRD Bengkalis asal Rupat, Misliadi mengemukakan bahwa pekerjaan jalan lingkar Pulau Rupat yang sudah 6 bulan berjalan, tapi progresnya masih di bawah 10 persen. Padahal seharusnya memasuki tahun kedua pekerjaan progresnya sudah melebihi 15 persen, karena badan jalan sendiri sudah ada, tinggal melakukan timbunan base serta dilakukan pengaspalan.

''Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bengkalis dituntut untuk mengambil sikap dengan meningkatkan pengawasan dilapangan terhadap rekanan. Pasalnya, sampai sejauh ini pekerjaan yang dilaksanakan baru di Desa Pangkalan Nyirih, seharusnya proyek jalan dimulai juga dari Kelurahan Batu Panjang. Progresnya masih rendah, kalau kondisinya seperti ini sampai akhir tahun 2015 tak akan selesai,'' ujar Misliadi, Selasa (15/7/2014).

Politisi PKB asli Rupat ini juga menyentil kalau proyek MY di Pulau Rupat lebih terkesan asal-asalan dikerjakan tidak sesuai jadwal dan lambat. Dinas PU diminta memberikan teguran kepada perusahaan bersangkutan, karena lambannya pelaksanaan pekerjaan di lapangan.

''Harus diberi teguran rekanan pelaksananya. Kalau tidak mereka akan bekerja sesuka hati, akibatnya mimpi masyarakat Rupat punya jalan yang representatif hanya sebatas mimpi karena tidak kunjung tuntas dilaksanakan,'' papar Misliadi.

Pejabat Pelaksana Tekhnis Kegiatan (PPTK) proyek jalan lingkar Pulau Rupat, Huri Agustriantri dikonfirmasi menyebutkan bahwa rekanan PT Nawatindo masih terus bekerja. Namun ia tidak mau berkomentar lebih jauh dan mempersilakan konfirmasi langsung kepada Kepala Dinas PU.

''Soal progress dan tindakan terhadap rekanan, silakan hubungi langsung untuk Pak Kadis PU. Saya tidak berkompeten memberikan jawaban soal tersebut,'' jawab Huri.(jfk)