PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Memasuki musim penghujan diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat agar selalu waspada. Pernyataan ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu Aceng Herdiana, di Pasir Pangaraian, Selasa (28/10/2014).

Aceng mengatakan, karena berdasarkan prakiraan Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) saat ini sudah memasuki musim penghujan yang berpotensi banjir sehingga khusus bagi masyarakat yang bermukim di dataran rendah yang selalu jadi langganan banjir agar bersiap dan tetap waspada.

''Bencana banjir dapat dikurangi resiko negatifnya. Usahannya dengan memelihara lingkungan yang akan mengganggu aliran air baik parit maupun sungai besar maupun kecil," kata Aceng.

Diterangkan, Kepala BPBD Rokan Hulu, kalau ada peristiwa banjir atau bencana lainnya, supaya laporkan segera ke BPBD apabila ada potensi yang akan menyebabkan resiko bagi masyarakat.

''Kita bisa lakukan upaya dini untuk mengurangi resiko terhadap masyarakat akibat bencana banjir. Juga di saat musim penghujan sering diikuti oleh peristiwa alam berupa angin kencang yang disebut puting beliung," ujarnya.

Untuk bencana ini dihimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar senantiasa waspada dan mengupayakan pohon yang menjulang tinggi dekat pemukiman agar dilakukan upaya yang terbaik agar tidak menimbulkan resiko terhadap harta benda maupun jiwa raga. (ram)