PEKANBARU – Maverick Vinales keluar sebagai juara MotoGP Amerika Serikat 2024. Vinales mengalahkan Pedro Acosta, sedangkan Marc Marquez jatuh.

MotoGP Amerika Serikat digelar di Circuit of the Americas pada Senin (15/4/2024) dinihari WIB. Vinales, pole sitter, comeback dari start yang buruk untuk melintasi garis finis terdepan.

Pebalap Aprilia itu pelan-pelan menyodok ke rombongan depan lalu terlibat duel sengit dengan Acosta di beberapa putaran terakhir. Pada akhirnya, Vinales menjadi pemenang lomba dengan selisih lebih dari 1,8 detik dari rider GASGAS Tech3 itu. Vinales menegaskan dominasinya seri Amerika Serikat musim ini usai menjadi juara di sprint race.

Nasib apes diterima Marc Marquez. Pebalap Gresini itu tampil kompetitif sampai akhirnya bisa memimpin balapan. Namun, Marquez justru jatuh di Tikungan 11 sehingga terpaksa retired.

Jorge Martin harus puas finis keempat meski sempat tampil menjanjikan di paruh pertama balapan. Martin disalip Enea Bastianini, yang merebut podium ketiga. Sedangkan Francesco Bagnaia finis kelima.

Fabio Di Giannantonio menyudahi balapan di posisi keenam. Aleix Espargaro, Marco Bezzecchi, dan Brad Binder melengkapi jajaran 10 besar.***