SELATPANJANG, GORIAU.COM - Masyarakat di Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti masih melestarikan permainan rakyat. Salah satu yang mereka senangi adalah bermain gasing.


Seperti yang terlihat, Minggu (16/11/2014) siang. Belasan orang terlihat main gasing di kediaman Uyup, salah seorang warga Desa Mekong.
Pantauan di lokasi, rupanya belasan orang ini berasal dari dua desa beda kecamatan. Yaitu pertandingan antara Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat dengan Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau.
Jumlah pemainpun menyesuaikan dengan banyaknya peserta yang datang. Pertandingan antara Desa Mekong melawan Desa Semukut ini antara 7 orang melawan 7 orang.
Teknis permainan, di arena permainan telah disiapkan satu garis panjang yang dibuat menggunakan seutas tali. Jarak sekitar 40cm dibuat kotak-kotak sebanyak 7 kotak (menyesuaikan dengan jumlah pemain) yang juga terbuat dari tali.
Satu-satu pemain harus memasukkan gasingnya di tiap kotak masing-masing (khusus bagi yang kalah). Bagi yang gasingnya berputar di luar kotak, dibolehkan untuk memindahkannya sesuai kotak yang disediakan.
Sementara yang menang hanya mendapat kesempatan sebanyak 5 kali. Kemudian bertukar otomatis permainan walau yang menang mendapat skor 5-0. Meski demikian, bisa saja pemenang tidak lagi dianggap menang apabila gasing yang digunakan mengenai gasing yang kalah yang sudah dipangkah.
Gasing-gasing terbuat dari kayu yang dibikin sebagus mungkin.(zal)