PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Massa mahasiswa dari Ikatan Pelajar dan Mahasiswa Pelalawan Bersatu menggelar aksi unjuk rasa di Gedung DPRD Pelalawan, tepat saat Sidang Paripurna Istimewa HUT Pelalawan ke 14 berlangsung. Orasi dan teriakan-teriakan mereka pada akhirnya mengusik Bupati Pelalawan HM Harris kemudian menjumpai para mahasiswa sesaat sebelum syukuran HUT Pelalawan ke 14 di Gedung Daerah Laksamana Mangkudiraja berlangsung.

Dalam orasinya, mahasiswa dan Pelajar yang tergabung dalam organisasi IPMPB ini mengatakan bahwa Kabupaten Pelalawan yang lahir pada tanggal 12 Oktober 1999 dan genap berusia 14 tahun ini namun sangat disayangkan pada visi Kabupaten Pelalawan yang menjelaskan Terwujudnya Kabupaten Pelalawan maju dan sejahtera melalui pemberdayaan ekonomi kerakyatan yang didukung oleh pertanian yang unggul dan industri yang tangguh, dalam masyarakat yang beradat, beriman, bertaqwa dan berbudaya melayu tahun 2030 ini ternyata masih jauh dari harapan.

"Sampai saat ini, masih banyak masyarakat Kabupaten Pelalawan yang hidup di bawah garis kemiskinan, kelaparan, dan ketertinggalan dari semua aspek kehidupan. Sementara pemkab yang diharapkan oleh masyarakat untuk mengatasi hanya tinggal diam," tandasnya.

Karena itu, IPMPB yang diketuai oleh Andi Gunawan ini, mengingatkan kepada seluruh instansi pemerintahan terutama kepada Bupati Pelalawan HM Harris agar jangan berpangku tangan dan berdiam diri. Soalnya, rakyat sudah bosan dengan janji-janji namun tidak pernah ditepati.

"Jadi kami datang hari ini untuk menuntut janji dan terlepas dari kepentingan lain, murni dari hati nurani. Dan kami menuntut kepadaBupati Pelalawan untuk menjalankan amanat Pancasila pada sila kelima," tegasnya mengingatkan.

Sementara itu, Bupati Pelalawan HM Harris pada kesempatan tersebut menjelaskan bahwa dirinya mengharapkan kepada mahasiswa untuk melihat persoalan ini secara jernih. Jangan melihat pada persoalan salah benarnya dan terlepas dari kepentingan-kepentingan apapun.

Karena itu, dirinya mengajak kepada seluruh komponen dan khususnya pada mahasiswa untuk turut memberikan masukan-masukan.

"Karena itu, saya meminta agar para mahasiswa juga bisa pro aktif bisa hadir dalam pertemuan-pertemuan pemerintah, dengan memberikan solusi bersama-sama bagaimana membangun Kabupaten Pelalawan maju ke depannya. Persoalan-persoalan yang ada selama ini untuk merubahnya tak segampang membalikkan telapak tangan, perlu proses untuk merubahnya," tutupnya.(ilm)