PEKANBARU, GORIAU.COM - Ratusan peserta Liaison Officer (LO) gelombang ke-2 PON ke XVIII Riau melakukan observasi lapangan. Masing-masing peserta akan mematangkan tugas yang telah diberikan kepanitiaan sesuai dengan lokasi yang telah ditempatkan. Diantaranya, mereka ada yang ditempatkan di hotel-hotel tempat dimana para atlet diinapkan. Begitu juga di venue-venue pertandingan. Diharapkan, saat pergelaran PON September mendatang, para LO telah menguasai apa saja tugas dan penguasaan lokasi tersebut.

''Hari ini mereka mulai observasi langsung ke lapangan. Kita harapkan, mereka nantinya tidak canggung lagi dalam melayani para atlet dan oficial pada PON nanti,'' kata Davitra, salah seorang panitia LO kepada wartawan, Senin (27/8).

Menurut Davitra, jumlah peserta LO yang melakukan observasi hari ini sebanyak 965 orang. Kegiatan penataran merupakan lanjutan yang dibagi dalam 3 gelombang. Yakni, gelombang pertama dilaksanakan pada 24-25 Agustus lalu. Pada kegiatan ini, para peserta LO mengikuti pengarahan dengan materi Wawasan nusantara, budaya Melayu, dan keriauan, pelayanan prima terakhir tekhnis mekanisme LO.

Untuk gelombang ke 2, dilaksanakan pada 26-27. Materi yang diberikan adalah tentang spirit dan motivasi, serta dilanjutkan dengan melakukan observasi ke lapangan ke lokasi yang telah ditematkan. Diantara pematerinya, yakni Ruspan Aman selaku Ketu Sub Diklat PON dan Ketua 3 PB PON Riau diwakili Wakil Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Gumpita.

Sedangkan gelombang ke tiga, dilaksanakan pada 28-29 besok. Diantara materi yang diberikan memberikan spirit kepada LO, motivasi, mekanisme kerja, serta bagaimana peran LO dalam mensukses PON. ''Ada pun untuk total peserta sebanyak 2.872 orang, ditambah dengan peserta Upacara Penghormatan Pemenang (UPP), yang direkrut langsung dari Paskibraka sebanyak 175 orang,'' ujar Davitra.

Sebelumnya pada tengah malam sampai Rabu dini hari, Jon Erizal dan rombongan bersilaturrami dengan warga dan pemuda di Langgini, Bangkinang. Ratusan warga, terutama pemuda dari beberapa kecamatan, kecuali XIII Kotokampar, hadir di rumah salah seorang warga. Berbagai pertanyaan dan aspirasi disampaikan oleh tokoh pemuda Irvan Gondrong dan penyanyi Ris Patopang. Pada dasarnya mereka menyatakan siap mendukung Jon Erizal jadi Gubernur Riau dan meminta komitmennya untuk warga Kampar. ***