BENGKALIS, GORIAU.COM - Bakal calon Gubernur Riau 2013-2018, H Jon Erizal SE MBA, bersama keluarga merayakan Idul Fitri 1433 H di kampung halamannya di Parit Bangkung, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis. Acara pulang kampung ini sudah jamak dilakukannya setiap lebaran. Lebaran diisi dengan silaturrahmi dan berbagi dengan warga masyarakat Bengkalis.

Usai sholat Idul Fitri, Ahad (19/8), Jon Erizal yang didampingi istri Hj Rita Benny Latief dan empat anaknya yakni Vasthi Erizal, Fidya Erizal, Vanya Erizal dan Bangga Erizal, bermaaf-maafan dengan ibunda tercinta, Hj Torliana dan keluarga lainnya. Dilanjutkan dengan makan ketupat dan mie kuah kacang kesukaan Jon Erizal.

Kemudian satu persatu tamu datang untuk bersilaturrahmi. Sampai malam tak henti-hentinya jiran tetangga, keluarga dan warga datang bertamu. Jon Erizal melayani mereka dengan ramah, senyum dan bersenda gurau. ''Saya dan keluarga mohon maaf lahir dan bathin, semoga amal ibadah kita selama Ramadhan diterima Allah SWT,'' ujar Jon Erizal di kediaman barunya di Jalan Pertanian, Bengkalis.

Sehari sebelumnya, Jon Erizal dan istri mendatangi sekitar 200 rumah warga di Parit Bangkung untuk menyerahkan zakat. Pada momen Lebaran tahun ini, pengusaha migas nasional itu memberikan santunan kepada 500 warga kurang mampu, dan menyerahkan paket sembako kepada 1.500 warga masyarakat. ''Saya mengajak masyarakat untuk bersyukur kepada Allah SWT. Karena, tanpa bantuan Allah SWT, mustahil kegiatan ini dapat terlaksana,'' ujarnya.

Warga Parit Bangkung, Abubakar sangat senang berjumpa dengan kawan kecilnya Jon Erizal. ''Jon ini teman kecil saya. Walaupun dia lama di Jakarta, tapi bahasa Melayunya lebih totok daripada saya,'' ujarnya dengan logat Melayu Bengkalis. Warga lain, Hasan menyatakan terima kasih atas kepedulian Jon Erizal kepada masyarakat dan warga kurang mampu. ''Alhamdulillah, Pak Jon sudah melakukan hal seperti ini setiap tahun,'' katanya.

Pembagian sembako gratis kepada keluarga kurang mampu merupakan program merakyat Partai Amanat Nasional (PAN). Untuk Riau, akan dibagikan 10.000 paket sembako. Di Bengkalis sudah dibagikan 1.500 paket, sisanya akan dibagikan di kabupaten dan kota lainnya seluruh Riau. ''Rencananya Pak Hatta Rajasa (Ketua Umum PAN) dan Pak Zulkifli Hasan (Ketua DPP PAN) akan datang. Tapi karena waktunya mepet, beliau batal datang. Jadi saya yang menyerahkannya,'' ujar Jon Erizal yang juga Bendahara Umum DPP PAN itu. ***