SELATPANJANG, GORIAU.COM - Tim kesenian dari Bintan Kepulauan Riau rencananya akan mengunjungi Kabupaten Kepulauan Meranti. Mereka juga akan menampilkan seni teater tradisional masyarakat melayu yang diberi nama Mak Yong.


Kepastian kedatangan tim kesenian Bintan ini sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Meranti, Ishak Izrai. Ketika dihubungi, Rabu (9/9/2014), Ishak mengatakan ada sekitar 50 orang yang merupakan rombongan dari Bintan Kepri akan berkunjung ke Selatpanjang.
"Mereka kunjungan muhibah ke Meranti, jadi sekaligus kita sambut dengan kegiatan malam panggung rakyat," kata Ishak Izrai.
Ishak juga mengatakan saat malam panggung rakyat itu pula, tim kesenian dari Bintan akan mengisi dengan kesenian Mak Yong dan beberapa tarian lainnya. Sementara dari Meranti juga akan menampilkan kesenian yang dimiliki, salah satunya kabaret yang diproduksi oleh sanggar Kemas di bawah binaan Berty Asmara.
"Kita juga akan menampilkan beberapa kesenian yang kita miliki, kita akan libatkan beberapa sanggar salah satunya sanggar Kemas," tambah Ishak.
Sebelumnya, kepada Bupati Irwan MSi, Ishak juga telah menyampaikan kabar kedatangan tim kesenian dari Bintan ini. Bupati menyambut baik, dan direncanakan usai kunjungan tim kesenian Bintan akan diberikan cindera mata yang diproduksi oleh warga binaan di Selatpanjang.
Seperti yang dikutip dari wikipedia, Mak Yong adalah seni teater tradisional masyarakat Melayu yang sampai sekarang masih digemari dan sering dipertunjukkan sebagai dramatari dalam forum internasional. Di zaman dulu, pertunjukan mak yong diadakan orang desa di pematang sawah selesai panen padi.
Dramatari mak yong dipertunjukkan di negara bagian Terengganu, Pattani, Kelantan, dan Kedah. Selain itu, mak yong juga dipentaskan di Kepulauan Riau Indonesia. Di kepulauan Riau, mak yong dibawakan penari yang memakai topeng, berbeda dengan di Malaysia yang tanpa topeng.***