DURI, GORIAU.COM - Kualitas udara di Kota Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, sudah masuh kategori berbahaya. Untuk itu Pemerintah Kecamatan Mandau bersama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Bengkalis, menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengurangi aktifitas diluar rumah.

"Dari informasi yang dikeluarkan BLH Bengkalis, kualitas udara di Kecamatan Mandau sudah berbahaya. Anak-anak dan ibu hamil, kita himbau mengurangi aktifitas diluar rumah," ujar Camat Mandau H Ha san Basri kepada GoRiau.com, Selasa (1/9/2015) pagi.

Kabut asap yang sangat tebal menyelimuti Kecamatan Mandau, merupakan asap kiriman, katanya. Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Mandau bersama BLH Bengkalis akan membagikan 1.000 masker kepada masyarakat.

"Kita juga mengingatkan kepada sekolah TK dan SD untuk memantau kondisi kualitas udara. Jika tidak sehat lagi dan asap terlalu tebal, sebaiknya pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, menginstruksikan sekolah di Mandau libur. Meskipun demikian, pelajar bisa tetap belajar dirumah. Mengingat kondisi udara sudah sangat berbahaya," jelas Hasan Basri.(ric)