PEKANBARU, GORIAU.COM - Peringatan hari tani nasional di Pekanbaru, Riau diwarnai berbagai aksi demontrasi. Selain di kantor Gubernur Riau, aksi serupa juga dilakukan di gedung wakil rakyat, DPRD Riau, Senin (24/9/2012). Uniknya, massa menolak diterima oleh Komisi A yang membidangi pertanahan dan justru minta diterima Komisi terkait yakni Komisi B yang membidangi perekonomian.

Aksi demontrasi di DPRD dilakukan oleh massa yang berasal dari Ikatan Senat Mahasiswa Pertanian Indonesia (ISMPI) yang berasal dari beberapa kampus pertanian di Pekanbaru, Riau. Dalam tuntutannya mereka meminta pemerintah fokus terhadap kesejahteraan petani dan juga persoalan tanah.

Namun ditengah aksi tersebut, rencananya mereka akan diterima Komisi A DPRD Riau. Namun ternyata massa menolak karena dinilai tak berkompeten.

''Kalau tak bersedia diterima Komisi A, kami tak masalah walau kami juga bekerja dalam permasalahan lahan di Riau,'' ujar Ketua Komisi A DPRD Riau Masnur SH. Akhirnya Masnur dan Wakil Ketua DPRD Riau Almainis meninggalkan lokasi penerimaan.

Pada aksinya, ISMPI, melalui juru bicaranya Kasrul Akbar, menilai terjadinya krisis pangan saat ini karena kebijakan yang tidak berpihak kepada rakyat, justru sebaliknya mendorong terjadinya konglomerasi lewat penguasaan lahan oleh perusahaan untuk perkebunan.

''Kami minta pemerintah dan DPRD Riau serius mengatasi konflik tanah yang terjadi dimana-mana,'' tegasnya.

Dalam tuntutannya ISMPI menyampaikan UU pangan harus berpihak kepada petani dan rakyat kecil, stop kriminalisasi pada petani, stop liberalisasi dan kapitalisme dalam bidang pertanian dan stop permasalahan agraria.

Ketua Komisi B DPRD Riau, Rusli Ahmad yang menerima massa --setelah mereka menolak diterima Komisi A dan Wakil Ketua DPRD Riau Almainis -- mengatakan pihaknya mendukung gerakan yang dilakukan mahasiswa.

Didampingi anggota DPRD Ramli FE, H Mansyur dan Tabrani Maamun, Rusli Ahmad juga mengundang para mahasiswa untuk mendiskusikan persoalan pertanian ini di Komisi B DPRD Riau, besok, Selasa (25/9/2012). Hasilnya nanti akan disampaikan sebagai rekomendasi ke ISMPI pusat. (nti)