PASIRPANGARAIAN, GORIAU.COM - Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rokan Hulu Magdalisni Achmad, Senin (17/11/2014) meninjau posko gabungan dapur umum yang didirikan PMI, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) dan Badan Penanggulangan BencanaDaerah (BPBD) Rohul yang dipusatkan di Water Front City (WFC) Tepi Sungai Batang Lubuh Pasirpengaraian.

Keberadaan dapur umum tersebut, telah dimanfaatkan oleh masyarakatkorban banjir, untuk memasak makanan siap saji dan akan didistribusikan untuk masyarakat korban banjir. Karena dengan terjadinya banjir, masyarakat pada hari itu, tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasa, mereka disibukkan dengan menyelamatkan harta bendanya agar tidak terjangkau banjir.

Ketua PMI Kabupaten Rohul disela-sela meninjau Posko dapur umum di tepi sungai batang lubuh Pasirpengaraian, menyebutkan, kunjungannya ke Posko dapur umum yang dijadikan tempat memasak makanan siap saji untuk masyarakat korban banjir, untuk melihat kondisi dapur umum sekaligus bahan baku untuk kebuhan sembako.

Menurutnya, dari peninjauan posko dapur umum, tidak ada permasalahan. Bahan baku untuk makanan siap saji mencukupi. ''PMI sebagai organisasi sosial siap untuk memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah. Apalagi masalah banjir merupakan musibah alam tahunan yang melanda daerah kita. Diharapkan dengan adanya posko gabungan dapur umum ini, korban banjir tidak lagi memikirkan makan dan minum mereka," tuturnya.

Direncanakan, makanan siap saji yang dimasak di Posko Dapur umum ini,akan dibagikan kepada korban banjir di sekitar Pasirpengaraian Kecamatan Rambah. Selain itu, didistribusikan kepada korban banjir di Kecamatan Rambah Hilir, Kecamatan Kepenuhan Hulu dan Kecamatan Kepenuhan. ''Dapur umum ini sudah berlangsung selama 2 hari dan akan terus berlangsung sampai banjir di kecamatan lain surut," tuturnya. (ram)