SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Kepolisian Sektor Siak bersama Pemerintah Kecamatan Siak, Kabupaten Siak Provinsi Riau, Hari ini (15/3/2014) akan mengevakuasi sebanyak 60 KK yang tinggal di Desa Buantan Besar. Langkah tersebut harus diambil melihat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan kabut asap yang sangat parah.

"Pagi ini, rencananya kami akan mengevakuasi sebanyak 200 orang ke tempat yang aman," ujar Kapolsek Siak Kompol Suparno, SH, MH dalam rilisnya kepada GoRiau.com, Sabtu (15/3/2014) pagi.

Dijelaskan Suparno, pada Jumat (14/3/2014) sore, dirinya bersama Camat Siak Wan Syaiful, AP, MSi dan Kakan Satpol PP Siak Hadi Sanjoyo, AP, MSi telah melakukan pemadaman Karhutla di Desa Buantan Besar. "Karhutla disana sudah mulai membakar rumah warga," terang Suparno.

Dari dialog dengan warga, kata Suparno diketahui sudah banyak masyarakat yang menderita penyakit akibat kabut asap. Untuk itu, Polsek Siak sudah melakukan diskusi dengan Camat Siak, bagaimana langkah-langkah yang akan diambil dalam mengevakuasi warga.

"Langkah-langkah evakuasi sudah disampaikan ke Bupati Siak, Sekda dan dinas-dinas terkait," tegas Suparno.

Mengungsi ke daerah bebas asap menurut Suparno merupakan satu-satunya cara biar masyarakat tidak terjebak dalam kepungan kabut asap. Sebab, Karbon Monoksida yang terdapat di udara sangat berbahaya bagi kesehatan.(san)