BENGKALIS - Untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran lahan dan hutan di Provinsi Riau, empat Kepolisian Resor (Polres) dibawah Polda Riau, mengikuti pelatihan antisipasi penanggulangan karlahut di Mapolres Bengkalis, Jumat (12/2/2016).

Tampak hadir seluruh Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) dari Polres Bengkalis, Polres Dumai, Polres Siak, Polres Rohil dan Polres Meranti. Kapolda Riau, Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan, membuka secara langsung pelatihan tersebut.

"Sebagai implementasi dari kerawanan musim kemarau, kita (Polda Riau, red) mulai tanggal 20 Februari 2016, menggelar Operasi Kepolisian Kontijensi Aman Nusa II. Dalam rangka antisipasi karlahut di Riau. Polri diharapkan bisa menjadi penggerak dan inisiator pembangunan sekat kanal," ucap Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan kepada GoRiau.com.

Untuk itu, lanjutnya, perlu didahului dengan pelaksanaan latihan Pra Kontijensi Aman Nusa II. Gelombang I, untuk Polres Bengkalis, Dumai, Siak, Rohil dan Meranti, yang dilaksanakan di Mapolres Bengkalis. Untuk gelombang II, meliputi Polres Pelalawan, Inhu, Inhil, Kampar dan Pekanbaru, di Mapolres Pelalawan.

"Pelatihan ini sangat penting, khususnya terhadap unsur yang berada digaris depan dalam penanggulangan karlahut di Riau. Pengetahuan tentang gambut dan tata kelolanya sangat perlu. Agar tidak terjadi kesalahan menata lahan gambut menjadi kering, perlu dibangun sekat kanal (canal blocking)," ujarnya.

Dirinya juga mengapresiasi atas kerja keras seluruh personil Polri yang telah bekerja dalam penanggulangan karlahut di Riau. "Dengan adanya pelatihan ini, kita berharap, Polri bisa memberdayakan masyarakat secara gotong royong dilingkungan tempat tinggalnya," tutup jenderal bintang satu ini. ***