PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Dalam beberapa hari ini, kabut asap tebal kembali menyelimuti sejumlah wilayah di Kabupaten Pelalawan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan memastikan kabut asap tebal yang menyelimuti tersebut merupakan asap kiriman dari daerah lain.

"Benar, dalam beberapa hari ini kabut asap terlihat semakin tebal di daerah kita, namun ini merupakan asap kiriman," terang Kepala BPBD Pelalawan, Abu Bakar, Selasa (16/9/2014).

Dijelaskan Abu Bakar, meskipun kabut asap menyelimuti sejumlah wilayah di Kabupaten Pelalawan, tapi kabut asap tersebut merupakan asap kiriman dari wilyah lain.

"Kabut asap yang menyelimuti wilayah kita dalam beberapa hari ini kan asap kiriman dari provinsi tetangga," jelasnya.

Dijelaskan Abu Bakar lagi, sampai saat ini BPBD Pelalawan belum menerima adanya laporan terjadinya kebakar hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kabupaten Pelalawan.

"Kebakaran mungkin ada, tapi skalanya kecil. Dan sampai hari ini kita belum menerima laporan adanya karhutla di Pelalawan yang akibatkan kabut asap ini," terangnya.

Meski demikian, Abu Bakar menyatakan BPBD Pelalawan selalu siap siaga untuk mengantisipasi terjadinya karhutla dan melakukan upaya pemadaman jika terjadi karhutla.(***)