BENGKALIS, GORIAU.COM - Pawai Takbir tingkat Kabupaten Bengkalis sempena menyemarakan Hari Raya Idul Adha 1436 Hijiriyah, dipastikan dilaksanakan malam ini, 10 Dzulhizah 1436 H. Untuk itu umat Islam diimbau untuk beramai-ramai mensyiarkan Hari Raya Kurban.

Sebelumnya sempat muncul kekhawatiran pelaksanaan pawai takbir Idul Adha ditiadakan, menyusul kondisi kabut asap yang tidak sehat. Setelah berdasarkan pemantauan, kondisi kabut asap sudah menipis, sehingga diputuskan untuk menggelar pawai takbir Idul Adha.

''Untuk menyemarakan syiar Idul Adha, kami mengimbau seluruh umat Islam untuk mengikuti pawai Takbir Idul Adha,'' ungkap Pj Ahmad Syah Harrofie, Rabu (23/9/2015).

Meskipun kondisi mulai menipis, namun Pj Bupati Bengkalis mengingatkan kepada masyarakat yang hendak menyemarakan pawai takbiran, agar tidak menyertakan anak-anak balita. Hal ini penting, untuk menghindari agar balita tidak menghirup langsung dengan udara yang masih berkabut.

''Sebaiknya saat pawai takbiran, para orang tua tidak membawa anak-anak, terutama yang masih berusia di bawah lima tahun. Mengingat, anak balita sangat rentan terkena gangguan penyakit pernapasan, ketika menghirup langsung udara yang kurang baik,'' ungkapnya.

Meski sudah menjadi tradisi, setiap kegiatan pawai takbir disertai dengan membawa obor, namun Ahmad Syah Harrofie mengimbau agar peserta pawai untuk mengurangi membawa obor dalam jumlah banyak. Langkah ini sebagai salah satu bentuk kecil untuk mengurangi polusi yang menyebabkan kabut asap.

''Kami tidak melarang peserta membawa obor, tapi sebaiknya jumlahnya dikurangi, agar tidak menambah lagi kabut asap,'' ujarnya.

Pawai takbir Idul Adha dilepas langsung oleh Pj Bupati Bengkalis, Ahmad Syah Harrofie. Adapun rute pawai takbir Idul Adha 1436 tingkat Kabupaten Bengkalis, dimulai dari Lapangan Tugu-Jalan Jendaral Sudirman (arah Masjid Istiqomah) - Jalan Patimura - Jalan Hang Tuah - Jalan Hos Cokro Aminoto dan kembali ke Jalan Jendral Sudirman - Lapangan Tugu.

Sementara itu, agenda Pj Bupati Bengkalis selain melepas pawai takbir Idul Adha, pada pagi harinya akan melaksanakan shalat Idul Adha di Lapangan Tugu bersama masyarakat kota Bengkalis dan sekitarnya. Sebelum pelaksanaan shalat Ied, Pj Bupati akan memberikan sambutan. Bertindak sebagai Imam shalat Idul Adha di Lapangan Tugu, H Ghufronuddin, Imam Masjid Istiqomah Bengkalis, khatib Rahman (Ketua MUI Kabupaten Bengkalis) dan bilal Juliardi.

Usai salat Idul Adha, dilanjutkan dengan acara open house di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota, Jalan Antara, Bengkalis. Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan silaturahmi dan ukhuwah Islamiah. Pj Bupati Bengkalis juga akan menyaksikan penyembelihan hewan kurban dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkab Bengkalis. Terkait dengan open house Idul Adha, Ahmad Syah Harrofie menjemput masyarakat untuk datang bersilaturahmi. ail