PEKANBARU, GORIAU.COM - Kalangan pengurus Partai Politik (Parpol) di Provinsi Riau berharap pada tahun 2014 mendatang terjadi penambahan jumlah kursi di DPRD Riau dari 55 yang ada sekarang. Penambahan kursi tersebut dinilai wajar mengingatnya tingginya penambahan jumlah penduduk Provinsi Riau.

Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Riau Suryadi Khusaini kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon seluler, Selasa (2/10/2012) siang mengatakan, dari periode ke periode, jumlah kursi di DPRD Riau tetap sebanyak 55. Ini jelas tidak sesuai lagi jika dibandingkan pertumbuhan penduduk di Riau.

Mantan Wakil Ketua DPRD Riau ini mengatakan, penambahan kursi ini hendaknya menjadi perhatian serius dari KPU. Apalagi sebutnya, saat ini Parpol begitu banyak dan hal ini jelas memunculkan kader-kader politik di Riau.

''Diakui atau tidak, saat inikan keberadaan Parpol cukup banyak, tentu ini melahirkan kader-kader politik khususnya di Riau nantinya duduk di lembaga DPRD yang berjuang untuk kepentingan masyarakat,'' kata Suryadi sembari menegaskan, PDIP di Pileg 2014 mendatang menargetkan 14 kursi.

Suryadi mengatakan, pada Pileg 1999 lalu itu, PDI-P di DPRD Riau menguasai 14 kursi, tetapi di Pileg 2009 jumlah kursi yang dapat diraih hanya sebanyak 7. Dan mudahan-mudahan nantinya atas dukungan masyarakat, di pemilihan legislatif 2014 mendatang bisa kembali raih sebanyak 14 kursi. (rdc)