JAKARTA, GORIAU.COM - Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-229 tahun, Kota Pekanbaru mendapat kado istimewa. Dimana ada tiga piala yang diberikan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudoyono (SBY) kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus. Di antaranya, Piala Adipura Piala kategori Taman Kota Besar dan Piala Terminal.

Untuk penyerahan, Piala Adipura secara langsung diserahkan oleh Presiden SBY kepada Wali Kota Pekanbaru Firdaus, Senin (10/6/2013) pagi di Istana Negara. Walaupun sempat lepas dua tahun lalu, tapi dengan kerja keras semua pihak di lingkungan Pemko Pekanbaru dibawah kepemiminan Firdaus-Ayat, akhirnya tahun 2013 ini Piala Adipura dapat diraih kembali Kota Pekanbaru.

''Alhamdulillah hari ini kita kembali mendapatkan Piala Adipura untuk kategori kebersihan kota besar. Tropi Adipura diserahkan secara langsung oleh Pak Presiden pagi tadi, sedangkan tropi kategori Taman Kota Besar dan Terminal di serahkan nanti malam,'' sebut Walikota Firdaus MT, Senin (10/6/2013) di Jakarta didampingi Kabag Humas Kota Pekanbaru Azharisman Rozie.

Firdaus sangat bersyukur Pemko Pekanbaru terpilih, menjadi salah satu dari empat kota besar selain Manado, Batam dan Yogjakarta yang mendapat Piala Adipura. Tak lupa Firdaus, menghimbau pada semua elemen, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan masyarakat untuk membangun Kota Pekanbaru yang bersih, tertata rapi dengan pepohonan hijau.

''Adipura bukanlah tujuan utama kita, yang utama adalah bagaimana kota kita menjadi kota yang bersih, sehat dan hijau,'' kata Firdaus.

Menurut Wako, Adipura bukan tujuan akhir, karena masih ada tujuan akhir yang akan dilakukan Pemko Pekanbaru. "Kita dapat Adipura, tetapi tujuan kita masih panjang. Sejauh ini kerjasama belum mencapai maksimal, karena di pojok kota masih ada sampah yang belum tertata dengan baik melebihi satu hari," terangnya.

Untuk itulah, Firdaus menghimbau kepada semua masyarakat Kota Pekanbaru untuk memulai dari diri masing-masing, lingkungan sekitar, sekolah-sekolah. ''Karena ini bukan tujuan, ini reward atau penghargaan. Tujuan kita mencapai Kota Pekanbaru yang bersih, dan tertata rapi,'' sebutnya. (muh)