PEKANBARU, GORIAU.COM - Empat dari lima kawanan rampok bersenjata api di kecamatan Bangko Pusako Rohil, berhasil dibekuk jajaran Polres Rohil. Dua diantaranya diamankan dari hasil razia, sedangkan dua lainnya dibekuk dari hasil kejar-kejaran polisi dengan tersangka. Satu orang diterjang timah panas petugas karena berusaha kabur dan melukai petugas.

Lima tersangka ini sangat sadis. Bermodalkan senjata api, kelimanya mencegat sebuah truk Colt Diesel yang ditumpangi korban Mardiah (35), bersama suami dan dua orang anaknya, Minggu (17/5/2015), pukul 22.00 WIB. Caranya, satu pelaku berperan menodongkan senpi dari samping supir, lalu menghadang truk ini persis didepannya.

Dengan sigap mereka berlari ke truk tersebut. Suami korban lalu disekap dengan cara diikat tangan dan mulut dilakban. Dia kemudian dipindahkan ke mobil Xenia milik tersangka. Sedangkan istri dan dua anak korban yang ketakutan diancam dibawah todongan pistol dan dibuang dijalan. Usai itu kelima pelaku membagi tim jadi dua, dimana dua orang membawa truk, dan tiga lainya menumpang di Xenia yang digunakan tersangka dalam beraksi.

"Beberapa jam setelah kejadian, Mardiah melapor ke Mapolsek Bangko Pusako. Merespon itu, kita langsung menggelar razia dititik dugaan unit melintas. Hasilnya mobil Colt Diesel yang dibawa kabur berhasil diamankan di jalan lintas Sumut. Selain mobil, kita juga menangkap dua pelaku yakni Medi Syahputra dan Junaidi Siagian," Kata Kapolres Rohil AKBP Subiantoro.

Kepada GoRiau.com yang menghubunginya, Subiantoro melanjutkan, lantaran suami korban masih diculik tiga tersangka lainnya, maka jajarannya kembali melakukan pengejaran hingga ke labuhan Batu Selatan ( Labuhsel ) Sumatera Utara. Hasilnya, anggota berhasil membekuk dua orang lainnya atas nama Supriadi alias Gogon dan Poker.

"Sedangkan satu orang tersangka lainnya atas nama Dimas berhasil melarikan diri saat akan disergap petugas," lanjutnya.

Seempat terjadi aksi kejar-kejaran dengan pelaku yang mengendarai mobil Xenia kala itu, karena mereka curiga dibuntuti oleh polisi. Sebab itu, supir (salahsatu tersangka,red) menghentikan laju kendaraannya dipinggir jalan dan lari ke arah kebun sawit. Tak mau kehilangan buruannya, polisi lalu melumpuhkan salah seorang  pelaku dengan timah panas.

"Sementara satu tersangka kabur kedalam kebun sawit. Kita juga berhasil menemukan suami korban Mardiah dalam kondisi selamat, cuma saja tangan dan mulut dilakban oleh mereka," tukasnya.

Sewaktu dilakukan penggeledahan, dua pelaku ini tidak mengakui jika aksi mereka ini menggunakan senjata api. Bahkan diduga senjata api ini sudah dibuang sebelum mereka ditangkap. "Tidak kami temukan, tapi kami curiga BB tersebut dibuang pelaku atau dibawa lari pelaku yang berhasil melarikan diri itu," tutupnya kepada GoRiau.com.

Saat ini barang bukti berupa satu unit truk Colt diesel, satu Unit mobil Xenia warna Silver dan tali lakban bersama empat tersangka dimankan di Mapolres Rohil guna pengembangan lebih lanjut. (had)