PEKANBARU, GORIAU.COM - Panitia Besar (PB) Peparnas terus melakukan persiapan menjelang pelaksanaan multi event terakbar atlet cacat nasional yang akan dibuka secara langsung oleh Wakil Presiden RI Boediono, Minggu (7/10/2012). Salah satunya adalah menyulap Hall A Sport Center yang sebelumnya digunakan untuk cabang basket disulap menjadi lapangan futsal Peparnas XVI 2012.

Meski kondisi lapangan saat ini tidak memenuhi standar, kebijakan ini dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Apalagi, pihak panitia telah menetapkan seluruh pertandingan di pusatkan di Pekanbaru. Sementara, untuk sarana dan prasarana futsal yang memenuhi standar berada di Tembilahan.

Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Cabang Futsal Peparnas XIV, M Sattar, Kamis (4/10/2012), mengatakan, kondisi tersebut tidak mempengaruhi karena diperuntukkan untuk kaum disabel.

Seperti diketahui, standar lapangan untuk cabang futsal 20x40 meter, sementara lapangan Hall A tersebut hanya 18x36 meter. ''Yang jelas itu tidak mempengaruhi nantinya,'' tukas Sattar.

Sattar mengatakan, lapangan tersebut saat ini sudah layak dan memenuhi standar. Karena Technical Delegate (TD) cabang futsal sudah melakukan peninjauan ke lokasi. ''Lapangan juga sudah diuji coba, dan memang layak untuk difungsikan pada Peparnas XIV,'' terangnya.

Di tempat terpisah, TD Cabang futsal Peparnas XIV, Fadillah Umar, mengatakan, cabang futsal akan diikuti sebanyak 10 provinsi, antara lain DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Papua dan tuan rumah Riau. (nti/rsc)