PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Bupati Pelalawan, HM Harris selaku Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat, mengahadiri pengukuhan Batin Sengeri yang menguasa 4 Desa di Kecamatan Pangkalan Kuras bertempat di pekarangan Kantor Kepala Desa Palas, Kecamatan Pangkalan Kuras, Senin (27/4/2015).

Batin Sengeri ke 17, Samsari HS dikukuhkan oleh Ketua Umum Lembaga Kerapatan Adat Petalangan (LKAP) Mukhtarius. Prosesi pengukuhan Batin Sengeri berlangsung khidmat dan sakral.

Pada pengukuhan oleh Ketua LKAP turut disasikan Bupati Pelalawan HM Harris yang bergelar Datuk Setia Amanah Payung Panji Adat, pemangku dat, tokoh adat M Yunus Syam, Ketua DPRD Pelalawan Nasarudin, SH MH beserta tamu undangan. Penyerahan keris dari Batin ke 16, Idris kepada Samsari dilakukan sebelum pengukuhan.

Dalam sambutannya, Bupati Pelalawan HM Harris menyampaikan agar ninik mamak dan anak kemenakan untuk dapat selalu berpegang kepada adat.

"Mari kembali kepangkal, agar adat menjadi dasar dalam menjalankan kehidupan. Mari bersama melestrikan adat yang mulai ditinggal zaman," katanya.

Bupati Harris juga mengingatkan soal sumpah sati yang dibacakan saat pengukuhan. Menurutnya, sumpah sati sesuatu yang teramat sakral.

"Jangan sampai melanggar sumpah sati, ibarat pepatah diatas tak berpucuk dibawah tak berakar ditengah dimakan kumbang. Menempatkan kembali tugas dan peran ninik mamak. Semoga Sumph sati ini dapat menjdi pedoman bagi pemangku batin di negeri ini," tukasnya.(***)