BENGKALIS, GORIAU.COM -Arus penyeberangan di pelabuhan roro Air Putih, Bengkalis membludak pada H+4 Lebaran, Kamis (31/7/2014). Ratusan kendaraan, terutama roda empat yang antre untuk menyeberang hingga 2 kilometer.

Pantauan di pelabuhan Air Putih Bengkalis, antrean kendaraan roda empat sudah meluber ke jalan raya arah Sungai Alam mencapai 2 kilometer. Antrean sudah mulai terjadi sejak pukul 06.00 WIB. Warga yang hendak menyeberang sepertinya sudah melakukan langkah antisipasi dengan datang ke pelabuhan usai subuh untuk menghindari antrean panjang. Namun kenyataannya, kendaraan sudah banyak menumpuk di pelabuhan.

Tumpukan kendaraan makin padat jelang tengah hari. Baru pukul 11.00 wib saja, antrean kendaraan sudah sampai ke kantor Polsek Bengkalis atau lebih kurang 2 km dari pelabuhan.

Kendati harus menunggu lama untuk dapat menyeberang, namun warga tetap sabar, karena antrean seperti itu sudah rutin terjadi setiap hari-hari besar dan liburan. Karena walau kapal roro yang dioperasikan sebanyak 5 unit, dengan ketebatasan dermaga sandar yang hanya satu, baik di pelabuhan Sungai Selari maupun Air Putih, membuat antrian panjang di penyerangan tetap saja terjadi.

"Kalau dermaga sandar tetap seperti sekarang, banyakpun kapal roro yang dioperasikan, tidak akan dapat mengatasi antrian yang terus terjadi. Kecuali jika dermaga sandar di kedua pelabuhan ditambah, arus penyeberangan rentu akan lancar," ujar Budi, warga Pekanbaru yang mengaku sudah antre sejak pukul 06.00 WIB dan baru dapat menyeberang pukul 09.00 WIB.(jfk)