BENGKALIS, GORIAU.COM - Salah satu program yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis di semua tingkatan, sebagai wahana dakwah Islamiyah dalam upaya peningkatan kemampuan membaca menulis, memahami dan meng­hayati dan mengamalkan ayat-ayat Al ­Quran dalam kehidupan sehari-hari adalah kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Setelah sebelumnya ditaja di seluruh desa/kelurahan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini, saat ini MTQ tersebut dilaksanakan di tingkat kecamatan. Kecamatan pertama yang melaksanakan MTQ pada tahun 2015 ini adalah Siak Kecil yang dipusatkan di Desa Tanjung Damai yang dimulai Sabtu (21/3/2015) malam lalu.

Sedangkan malam ini, kegiatan serupa mulai dilaksanakan di Kecamatan Bengkalis. Pelaksanaan kegiatan yang akan diikuti kafilah dari 31 desa/kelurahan se-Kecamatan Bengkalis ini, dipusatkan di halaman Masjid Jamik Kelapapati Laut, Desa Kelapapati.

Kepala Bagian Humas Pemkab Bengkalis, Johansyah Syafri menjelaskan, sebagaimana MTQ Kecamatan Siak Kecil, MTQ Kecamatan Bengkalis ini juga akan dibuka secara resmi Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh.

''Sejauh ini belum ada perubahan. Seperti di MTQ Kecamatan Siak Kecil di Desa Tanjung Damai, Bupati juga akan hadir dan membuka secara resmi MTQ Kecamatan Bengkalis di Desa Kelapapati,'' jelas Johan, seraya mengatakan acara pembukaan akan dimulai sekitar pukul 19.30 WIB.

Camat Bengkalis Djamaluddin menjelaskan, MTQ yang mengusung tema ''Kita Tingkatkan Wawasan Dan Penghayatan Serta Pengamalan Isi Kandungan Al-Quran Dalam Rangka Membentuk Insan Yang Kamil, Berkarakter, Bermarwah dan Bermartabat'' akan diikuti sekitar 500 kafilah dari seluruh desa/kelurahan di wilayah yang dipimpinnya ini.

Masih kata Djamaluddin, sebagai rangkaian kegiatan MTQ, pada siang tadi dilaksanakan pawai ta'aruf. Pawai yang diikuti tidak kurang 4.000 peserta itu berlangsung meriah. Mendapat sambutan hangat warga Kecamatan Bengkalis.

Sementara panitia pelaksana dari Seksi Perlengkapan, H Ahmad Effendi menjelaskan, hingga sekitar pukul 16.30 WIB sore tadi, persiapan untuk pembukaan sudah hampir rampung 100 persen.

''Saat ini persiapan sudah 99 persen. Hanya pembenahan hal-hal kecil saja. Seperti pemasangan karpet dan pengecekan sound system. Insya Allah sejauh ini tidak ada kendala,'' ujar mantan Ketua Gapensi Kabupaten Bengkalis ini saat ditemui di lokasi kegiatan.

Sebagaimana Djamaluddin, Ahmad Effendi mengharapkan seluruh warga Kecamatan Bengkalis ikut memeriahkan acara pembukaan MTQ Kecamatan Bengkalis yang akan berlangsung selama 12 hari tersebut. (ail)