PEKANBARU, GORIAU.COM - Satu per satu, pendekatan yang dilakukan Riau dengan Pusat di bidang pariwisata mulai membuahkan hasil. Iven Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) yang sudah menjadi kalender wisata Riau setiap tahunnya akan segera promosi ke tingkat nasional dan internasional.

Kementerian Pariwisata diklaim telah memberikan sinyal untuk promosi dan pengembangan potensi wisata daerah asli Riau ini. Strategi yang diperlukan adalah menggaungkan iven ini bisa menjadi wisata nasional dan internasional.

"Kita memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan. Koordinasi dengan Pusat terus kita lakukan guna membantu pengembangan serta sosialisasi potensi-potensi yang kita miliki baik di tingkat nasional maupun internasional," terang Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Riau, Fahmizal Usman, Minggu (12/7/2015) di Pekanbaru.

"Dari hasil koordinasi kita ke Kementerian Pariwisata memang itu pesannya. Harus lebih diduniakan lagi, seperti iven pacu jalur yang akan dipromosikan pusat ke tingkat internasional," sambung Fahmi. 

Dukungan yang diberikan Pemerintah Pusat ini harus dimanfaatkan Riau semaksimal mungkin. Tentunya harus didukung dengan kesiapan daerah. Mulai dari infrastruktur, sikap yang bersahabat dengan wisatawan hingga kegiatan positif lainnya. 

Salah satu dukungan yang dilakukan adalah dengan konsep home stay (penginapan), karena kendala yang kerap dialami di daerah adalah minimnya hotel dan penginapan. Bahkan, untuk program ini, Disparekraf Riau juga telah merancang kerja sama dengan Kementerian Pariwisata RI.

"Itu sudah masuk dalam daftar penyempurnaan pengembangan wisata Riau ke depan oleh Disparekraf. Kita ingin semua potensi wisata yang ada benar-benar terangkat, dikenal, bernilai dan menjadi acuan," harap Fahmi.***