SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Bupati Siak Drs H Syamsuar MSi menyatakan kesiapan Siak untuk menyelenggarakan kejuaraan BMX Asia pada 8-10 November 2014 nanti. Dia berharap, perhelatan olahraga balapan sepeda ini semakin mengharumkan nama Kabupaten Siak ditingkat internasional, apalagi sebelumnya Siak juga sukses menyelenggarakan iven Tour de Siak.

"Setelah melakukan pertemuan dengan Presiden Komiser BMX Asia, Ibu Beatrice dan Ketua Bidang Perlombaan PB ISSI Erwin Anwar, maka saya nyatakan Siak siap gelar kejuaraan BMX Asia. Saya berharap, kegiatan ini semakin mengharumkan nama Siak ditingkat internasional," kata Bupati, usai berdialog dengan Erwin Anwar di Sekretariat PB ISSI Siak, Selasa (21/10/14).

Erwin Anwar memastikan, kejuaraan BMX Asia ini akan diikuti pebalap dari 12 negara, diantaranya, Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Jepang, Korea, Kazakhtan, Cina, Hongkong, Filipina, Myanmar dan Vietnam.

"Masing-masing negara memiliki satu tim dengan jumlah maksimal 16 pebalap. Kejuaraan BMX Asia ini dibagi empat kelas, yakni junior putra-putri dan elit putra-putri. Masing-masing kategori memiliki empat pebalap," jelas Erwin.

Kejuaraan BMX Asia yang dilaksanakan di Siak, kata Erwin, merupakan kejuaraan bergensi karena dinilai pihak UCI. Selain itu, kejuaraan ini juga sebagai kualifikasi bagi atlet untuk mengikuti kejuaraan Olimpiade tahun 2016 di Brazil.

"Bagi pebalap yang berprestasi di kejuaraan BMX ini akan meraih poin dari UCI, sekaligus kualifikasi untuk kejuaraan BMX pada Olimpiade tahun 2016 di Brazil. Kejuaraan ini nantinya akan menarik ditonton karena diikuti pebalap yang sudah berprestasi selama ini," jelas Erwin.

Sehari sebelum kejuaraan BMX digelar, lanjut Erwin, akan dilaksanakan latihan resmi dan lomba chalange terbuka yang diikuti semua pebalap sehari sebelum acara pembukaan dilaksanakan, yakni 8-10 November nanti.

Ketua Harian ISSI Siak Irving Kahar mengatakan, untuk sirkuit perlombaan sejauh ini sudah mencapai 90 persen. Dia optimis, menjelang kejuaraan nanti, semua sarana dan prasana sudah dapat digunakan, termasuk areal lapangan parkir yang sudah selesai diaspal.

"Kalau pekerjaan yang berat-berat sudah selesai, sekarang tinggal finishing saja, tak ada masalah sampai jadwal dilaksanakan kejuaran BMX nanti," pungkasnya.(nal)