BAGANSIAPIAPI - Program Pemerintah daerah Rokan Hilir membangkitkan potensi wisata untuk sumber PAD cadangan bagi daerah, mendapat banyak apresiasi dari masyarakat. Begitu juga dengan jajaran DPRD Rohil. Menurut berbagai pendapat pejabat legislative potensi wisata Rohil bisa ditingkatkan jika memang serius dikerjakan.

Hal ini disampaikan oleh Murkan Muhammad, anggota DPRD Komisi B. Menurut Murkan, potensi wisata bisa digenjot asal dikerjakan dengan serius.

“Sebagai contoh, Parit Bay Park yang dulunya adalah semak belukar kini sudah disulap jadi objek wisata keluarga,” katanya.

Parit Gepak telah disulap menjadi objek wisata di Bagansiapiapi. Dengan potensi yang dimiliki objek wisata Parit Bay Park yang terletak di kelurahan Bagan Timur kecamtan Bangko, pada momen liburan ramai dikunjungi oleh masyarakat.

“Ini sebagai contoh kecilnya, bagaimana jika Pulau Jemur yang digarap dengan serius dan cepat. Saya rasa PAD kita akan lebih cepat didapat, “kata Murkan lagi.

Murkan menambahkan jika sektor kepariwisataan itu bisa tergarap secara maksimal, maka akan meningkatkan pendapatan asli daerah. Menurut Murkan, sektor pariwisata di Rohil salah satu objek Parit Bay Park saat ini perlu dibenahi agar bisa menarik pengunjung yang datang.

Kontribusi pariwisata untuk meningkatkan PAD sangat besar, apalagi saat ini deifisit anggaran membuat Rohil harus kreatif memanfaatkan segala lini untuk meningkatkan pendapatan.

Seperti diketahui, saat ini Dana Bagi Hasil (DBH) Rohil terjun bebas. Merosotnya anggaran tidak tanggung-tanggung sebanyak 12 miliar. “Bagaimana kita harus meningkatkan APBD kita, salah satunya harus mengembangkan objek wisata yang mempunyai potensi tinggi di Rohil, “tutup Murkan. (Adv/DPRD)