TEMBILAHAN- Secara resmi, Bupati Inhil, Riau, HM Wardan membuka MTQ ke-46 tingkat kabupaten yang dipusatkan di Guntung, Kecamatan Kateman, Minggu (29/5/2016) malam. Hadir juga dalam kesempatan itu, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0314 dan Sekdakab Inhil serta undangan lainnya.

MTQ yang mengangkat tema dengan MTQ tingkat Kabupaten Inhil ke-46 tahun 2016, kita wujudkan masyarakat yang gemar membaca, memahami dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur'an itu diikuti oleh seluruh kecamatan di Inhil, dimana 164 sebagai official dan 501 sebagai peserta.

Adapun cabang yang dilombakan terdiri atas tujuh cabang, yaitu Tilawatil Qur'an, Hifdzhi Qur'an, Tafsir Qur'an, Fahmil Qur'an, Syarhil Qur'an, Khath Qur'an dan M2IQ (Musbaqah Menulis Ilmiah Qur'an).

Camat Kateman, Marlis Syarif mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengikuti serta mensusekseskan MTQ itu.

''Terimakasih juga kami ucapkan kepada Bupati Inhil yang telah mempercayakan Kecamatan Keteman sebagai tuan rumah. Akhirnya mimpi masyarakat Kateman terwujud menjadi tuan rumah perhelatan yang baru pertama kali diadakan di Kecamatan Kateman ini,'' ujar Marlis Syarif.

Sementara itu, Bupati Inhil dalam sama mengungkapkan, bahwa ‎setiap menyelenggarakan MTQ, setidaknya sedang dilakukan empat upaya sekaligus dalam menegakkan ajaran Islam, yaitu syiar Islam, memelihara Al-Quran, silaturahim, dan meningkatnya pergerakan ekonomi masyarakat setempat.

Oleh karena itu, dikatakannya setiap kegiatan ini dilakukan, sudah sepatutnya disertai dengan adanya peningkatan kesadaran umat terhadap pentingnya menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup, perubahan sikap dan perilaku dari hal-hal yang Mungkar menjadi Ma'ruf, bertambahnya jumlah dan mutu generasi Islam yang menguasai ilmu Al-Qur'an.

''Seperti seni baca-tulis, pemahaman dan pengamalannya di tengah-tengah kehidupan pribadi, keluarga, bahkan dalam bermasyarakat dan berbangsa, sebagaimana tema yang diangkat dalam MTQ ke-46 ini,'' ujar pemimpin Negeri Seribu Parit itu.

Untuk itulah melalui malam pembukaan ini, ia mengajak segenap masyarakat, khususnya kaum Muslimin dan Muslimat, untuk memanfa'atkan pelaksanaan MTQ ke-46 ini, menjadi sarana pendidikan umat menuju kemajuan dan pembaharuan kearah yang lebih baik berlandaskan ajaran Al-Qur'an.

''Kita kuatkan tekad seraya tetap bermohon kepada Allah SWT agar kita tetap dapat memanfaatkan kegiatan MTQ ini sebagai Syiar Islam dan dianugerahi Tuhan akan rasa cinta kepada Al-Qur'an,'' lanjutnya.

''Hal ini perlu saya kemukakan agar MTQ tidak kehilangan ruh dan tujuan sebenarnya, yakni upaya peningkatan kesadaran dan kecintaan ummat Islam terhadap kemurnian Al-Qur'an dan penguasaan ilmu Al-Qur'an,'' tukas HM Wardan.adv