BENGKALIS, GORIAU.COM - Imigrasi Bengkalis terus berusaha memberikan pelayanan cepat kepada masyarakat. Dengan sistem One Stop Servis (OSS), kini masyarakat yang melakukan pengurusan paspor jika ingin keluar negeri tidak perlu lagi menunggu 5-10 hari, cukup 2 hari langsung siap jika dilengkapi dengan administrasi yang lengkap.

Seperti disampaikan Kepala Imigrasi Kabupaten Bengkalis melalui Kasi Lalu Lintas Keimigrasian, Yuliantoni, memaparkan, dengan sistem Oss pelayanan pengurusan dan pembuatan paspor di imigrasi mulai berubah. Dimana yang selama ini, hari ini masuk permohonan, 2 kemudian baru foto, wawancara dan siapnya 5 hari.

''Sekarang tidak, hari ini masuk permohonan, lengkap, tidak ada masalah dengan persyaratan, foto dan wawancara kemudian bayar administrasi di BNI, 2 hari kemudian datang itu sudah langsung siap,'' ungkapnya, Selasa (9/12/2014).

Pria yang baru bekerja 4 hari di Imigrasi Bengkalis ini juga mengakui, semenjak pengurusan sistem Oss diterapkan di imigrasi, sejatinya diharapkan tidak lagi ada oknum yang melakukan pungli.

''Apalagi, sistem ini dan kepengurusan sekarang imigrasi tidak lagi bersentuhan langsung dengan uang. Pembayaran administrasi langsung dibayar bersangkutan (pengurus paspor) ke Bank, imigrasi hanya menerima slip pembayaran,'' terang Yulianto.

''Imigrasi itu lebih mempercepat pengurusan paspor bagi masyarakat yang membutuhkan paspor untuk berobat keluarga negeri. Apalagi darurat, kita konek ke pusat untuk yang terkait diutamakan,'' pungkasnya menambahkan.(jfk)