KUANTAN MUDIK, GORIAU.COM - Saat menjalankan tugas beratnya menyukseskan penyelengaraan Pemilu Legislatif (Pileg) 2014, Camat Hulu Kuantan Drs Sukarman, menghembuskan nafas terakhirnya. Mantan guru SMA Lubuk Jambi itu meninggal Kamis (10/4) dinihari, sekitar pukul 00. 15 WIB.

Kepergian lelaki kelahiran 31 Desember 1965 itu sangat mengejutkan dan membuat masyarakat Kuansing merasa sangat kehilangan. Sebab, selain menjabat sebagai Camat Hulu Kuantan, almarhum juga memiliki karir di organisasi,  seperti pernah menjadi Ketua Tarbiyah di Kecamatan Kuantan Mudik, Kwarran Pramuka Kuantan Mudik ( masih aktif sampai sekarang), juga pernah menjadi ketua pemuda di desanya yakni Desa Kasang. 

Bupati Kuansing H Sukarmis yang tiba pagi-pagi sekali di rumah duka menyebutkan, Sukarman merupakan tipe camat pekerja keras. "Saya suka Beliau, karena tak kenal lelah dalam bekerja serta loyal dengan pimpinan," imbuhnya.

Sementara, Sekdakab Muharman yang menyampaikan pesan terakhir saat melepas jenazah di rumah duka, di Desa Kasang, Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, Kamis, menyebutkan, Sukarman pribadi yang sangat baik, santun dan pekerja keras."Tidak hanya di seputaran tempat tinggalnya, tapi Pemkab Kuansing juga kehilangan camat yang kreatif dan pekerja keras," katanya.

Muharman pun bercerita, siang sebelum almarhum dikabarkan berpulang, dirinya bertemu saat melakukan monitoring Pemilu di Kecamatan Hulu Kuantan. "Banyak canda tawa di antara kami, bahkan sempat makan siang bersama. Tak disangka, kiranya itu kebersamaan terakhir bersama beliau," ujar Sekda.

Sekitar pukul 01.00 WIB Kamis dini hari Muharman mendapat kabar Sukarman telah berpulang. "Innalillahi wainnaillahi rajiun, semoga Beliau diterima di sisi-Nya, sesuai amal ibadahnya," doa Muharman.

Sementara di kalangan staf kecamatan, Sukarman dianggap camat yang sangat baik dan perhatian pada bawahan. Dia tidak pernah membedakan dalam bergaul dan tidak pernah meninggi pada siapa pun. "Kami merasa kehilangan sekali," ujar Nopri, Kasubag Umum di Kantor Camat Hulu Kuantan.

Almarhum meninggalkan 2 orang putra, dan seorang putri.

Di kalangan sesama camat, Sukarman dikenal sebagai sosok yang mudah bergaul, ramah dan akrab dengan siapa saja. "Beliau orangnya simple dan mudah bergaul," kata H Masran Abdullah, Camat Kuantan Tengah.

Selain itu, Sukarman juga dikenal orang yang informatif, terbuka dan mau berbagi dalam bertugas.

Ribuan pelayat tampak memadati rumah duka dan sempat memacetkan jalan lintas Teluk Kuantan Lubuk Jambi di Desa Kasang.

Kepergian Almarhum tentunya menyisakan duka yang cukup dalam bagi keluarga dan masyarakat Lubuk Jambi dan Hulu Kuantan serta Kuansing umumnya. Usai dimandikan dan dikafani, jenazah langsung disalatkan di Masjid Al-Ikhlas di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik. Selanjutnya jenazah Sukarman diantar masyarakat, termasuk ratusan anggota Pramuka dari Kwarran Kuantan Mudik ke pemakaman. Bahkan keranda jenazah diusung anggota Pramuka  hingga ke tempat pemakaman di Desa Kasang.hks