BENGKALIS, GORIAU.COM - Langkah cukup mengejutkan dilakukan Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh, tadi malam. Betapa tidak, di hari pertama masuk kerja pasca llibur lebaran Idul Fitri 1435 H, ia langsung melakukan mutasi terhadap 8 pejabat eselon II di lingkup Pemkab Bengkalis.

Memang isu bakal adanya mutasi ini sudah lama, tapi tidak banyak yang menyangka bakal dilakukan di hari pertama pegawai negeri sipil (PNS) masuk kerja.

Pelantikan kali ini juga agak beda dari pelantikan sebelum-sebelumnya, dimana Bupati secara blak-blakan menyindir kinerja bawahannya yang dinilai belum memuaskan alias asal bapak senang (ABS).

''Besok (hari ini, red) merupakan 4 tahun usia kepemimpinan kami. Kalau diibaratkan sebuah turnamen sepakbola, ini sudah memasuki babak final. Saya ingin di sisa satu tahun usia kepemimpinan kami ini, memiliki kesebelasan yang tangguh sehingga bisa finish dengan baik sampai akhir,'' ujar Bupati.

Menurut Bupati, sebenarnya ia sudah tidak mau lagi melakukan mutasi. Tapi melihat buruknya kinerja sejumlah kepala SKPD yang berdampak pada tidak jalannya sejumlah program, membuat dirinya terpaksa melakukannya.

''Baik sindiran maupun teguran sudah sering kita sampaikan, tapi sepertinya tidak mengerti juga. Terpaksa saya lakukan secara langsung saja nampaknya (mutasi, red). Beruntung malam ini tidak ada yang kena lampu merah (non job, red),'' ujar Bupati.

Bupati mengaku cukup heran dengan ulah sebagian stafnya, yang ingin jabatan tapi tidak mau bertanggung jawab terhadap jabatan yang diembannya. Untuk itu ia mengingatkan kepada PNS untuk bekerja ikhlas, hindari berpikir macam-macam sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Pada kesempatan itu Bupati juga menekankan kepada pejabat yang baru dilantik, bahwa dirinya akan melakukan evaluasi dalam 2 bulan ke depan. Untuk itu laksanakan tugas sesuai tupoksi, jangan kaku dan siapkan langkah-langkah strategis dalam menghadapi berbagai masalah.

''Jangan hanya menunggu dan melakukan pembiaran terhadap masalah yang terjadi sekecil apapun,'' pesan Bupati.

Ia juga menekankan kepada kepala dinas dan badan sering-sering turun ke desa,Jangan sering-sering ke Jakarta atau keluar kota jika tidak ada yang bersifat mendesak.

''Biar masayarakat di desa tahu program apa yang telah kita berbuat. Banyak masyarakat belum tahu program pemerintah,'' tegas Bupati.

Berikut 8 Pejabat Eselon II yang Dilantik Bupati Bengkalis tadi malam

1. H. Zulfasa jabatan lama Kadisdukcapil, jabatan baru Staf Ahli Bidang Ekonomi

2. Erwin Ackyar jabatan lama Kadistamben,jabatan baru Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian

3. H. Hermizon jabatan lama Staf Ahli Bupati, jabatan baru Kepala Badan Penamanan Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu

4. H. Ismail jabatan lama Kadisperindag, jabatan baru Kepala BPMPD

5. Muhammad Fauzi jabatan lama Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian, jabatan baru Kepala Disperindag

6. Renaldi jabatan lama Kepala BPMPD, jabatan baru Kadisdukcapil

7. H Umran jabatan lama Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu jabatan baru Kadispenda

8. Heri Indra Putra jabatan lama Kadispenda, jabatan baru Kadistamben.(jfk)