TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Sesuai dengan background Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan dari dunia pendidikan, maka di Negeri Seribu Parit ini yang menjadi salah satu program utamanya adalah meningkatkan mutu pendidikan. Maka sesuai program itu ia ingin perhatian terhadap pembinaan anak usia sekolah lebih ditingkatkan.

Salah satu cara yang dianggap mantan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau ini efektif untuk meningkatkan pendidikan adalah terlebih dahulu mendata jumlah anak-anak yang belum mengenyam pendidikan.

''Yang tidak tersentuh pendidikan harus didata semua, saya pikir dengan begitu anak-anak kita menjadi terperhatikan. Juga terhadap anak-anak yang berprestasi dapat lebih ditingkatkan prestasi mereka,termasuk kepedulian terhadap anak-anak berkebutuhan kusus,'' kata Bupati kepada wartawan usai membuka pengukuhan Forum Anak Inhil periode 2013-2015 di Gedung Wanita Tembilahan, Jumat (15/8/2014).

Sesuai dengan program wajib belajar 9 tahun, Wardan mengatakan seharusnya tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak mengenyam pendidikan, karena kewajiban pemerintah menyediakannya anggaran bagi anak-anak untuk mengikuti pendidikan terutama bagi wajib belajar 9 tahun. ''Harapan saya kedepan tidak ada lagi pada jam-jam sekolah mereka malah melakukan pekerjaan, karena tugas mereka adalah belajar bukan bekerja,'' lanjut dia.

Selain itu, dia juga meminta kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk Camat dan Kepala Desa atau Lurah untuk membuat program masing-masing yang berkaitan dengan pembinaan anak dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.(ayu)