BANGKINANG, GORIAU.COM - Badan Penanaman Modal dan Promosi Daerah (BPMPD) Riau menyatakan siap untuk menggali potensi poros maritim karena memiliki esensi positif dengan posisi daerah yang kental dengan wilayah pesisir. 

"Riau juga siap mengelola dan menyukseskan poros maritim seperti yang dicanangkan Pemerintah Pusat," kata Kepala BPMPD Riau, Irhas Irfan kepada pers lewat sambungan telepon, Minggu (12/4/2015).

Irhas mengatakan, pihaknya siap untuk bersinergi dengan semangat Pemerintah Pusat dalam upaya menggali potensi sektor maritim. ''Kami juga mengajak pihak-pihak terkait untuk memaksimalkan potensi tersebut. Termasuk pemerintah kabupaten dan kota di Riau diajak untuk mendukung penggalian potensi poros maritim,'' katanya.

Untuk diketahui, lanjut dia, Riau selama ini memiliki potensi yang besar di sektor maritim. Ini juga diharapkan dapat memanggil investor untuk berinvestasi di Riau.

Dengan inovasi itu, lanjut dia, Pemerintah Provinsi Riau juga mendukung rencana kerja sama antara investor dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kabupaten Kampar dalam mengelola hasil produksi ikan darat yang terkenal di Kampar.

''Investor yang masuk ke Kampar patut didukung. Karena tentunya menguntungkan juga bagi Riau, terutama bagi Kampar,'' paparnya.

Ia mengatakan, selama ini hasil produksi ikan darat di Provinsi Riau, terutama di Kampar belum tersentuh optimal, sehingga butuh dukungan dalam pengelolaan dan pasar yang luas.

Menurut dia, dengan adanya investor untuk pengelolaan ikan itu sangat bagus. Hal tersebut tidak hanya berdampak pada kebaikan Kampar namun juga Provinsi Riau.

Dalam memaksimalkan hal tersebut, lanjut dia, BPMPD Riau siap berkorelasi dengan seluruh kabupaten/kota yang ingin mengembangkan sektor maritim dan menjadikan Kampar sebagai model dalam budidaya ikan.

''Dengan demikian, arahnya juga akan meningkatkan perekonomian masyarakat secara merata,'' katanya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar selama tiga tahun kepemimpinan Bupati Jefry Noer telah menjalankan berbagai program poros maritim, khususnya bidang perikanan.

Upaya itu dilakukan Jefry dengan meningkatkan produksi ikan dan kini Kampar telah mencapai swasembada ikan. Banyak pemenuhan kebutuhan ikan di Riau juga berasal dari daerah ini. (rls)