BENGKALIS, GORIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Bengkalis mulai menggalakkan Gerakan Satu Hari Bersepeda kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga honor. Gerakan ini dilakukan setiap hari Kamis.

Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh melalui Kabag Humas Andris Wasono, mengatakan gerakan ini sudah dimulai disosialisasikan mulai Kamis (4/9/2014) kemarin selaras dengan jadwal senam pegawai di lingkungan Pemkab.

Gerakan Satu Hari Bersepeda akan diatur lebih lanjut sesuai dengan "aspirasi" yang masuk. Kemudian akan dibuat aturan apakah harus satu hari penuh bersepeda atau setengah hari saja saat pagi hingga siang. Tidak tertutup kemungkinan juga, Gerakan Satu Hari Bersepeda ini nantinya berkembang menjadi kebiasaan yang bisa diikuti seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis.

''Manfaatnya juga bagus, bisa bikin tubuh sehat dan lingkungan bebas polusi,'' ujar Kabag Humas.

Keuntungan lain, melalui gerakan satu hari bersepeda ini juga membantu pemerintah dalam program penghematan bahan bakar minyak (BBM). ''Saya kira ada benarnya juga apalagi di Bengkalis ini kuota BBM belum sebanding dengan kebutuhan. Dengan bersepeda sehari dalam sepekan, maka berapa liter BBM yang bisa kita hemat,'' ujar Andris.(jfk)