TELUKKUANTAN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pembangunan (Bappeda Litbang) keluar sebagai juara lomba pawai takbir yang ditaja Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau pada Selasa (9/4/2024) malam.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Kuansing Suhardiman Amby ini diikuti oleh seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan masjid yang berada di Telukkuantan. Khusus OPD, setiap kafilah menyertakan mobil hias berkeliling Kota Telukkuantan.

Kemudian, Pemkab Kuansing melakukan penilain terhadap penampilan masing-masing kafilah. Hasilnya, Bappeda Litbang keluar sebagai juara dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sebagai runner up. Sedangkan Satpol PP menempati posisi ketiga.

"Alhamdulillah, kita keluar sebagai juara I dan ini berkat kerja keras semua tim," ujar Jafrinaldi, Kepala Bappeda Litbang Kuansing usai menerima hadiah. Penyerahan hadiah dilaksanakan di Lapangan Limuno Telukkuantan usai Salat Id.

Hadiah sebesar Rp4,5 juta diserahkan langsung oleh Bupati Kuansing Suhardiman Amby kepada Jafrinaldi.

Pada lomba pawai takbir ini, pihaknya mengangkat tema 'bulan sabit dan bintang'. Jafrinaldi menerangkan bulan sabit sebagai tanda berakhirnya bulan suci Ramadan dan berdoa semoga dipertemukan dengan Ramadan tahun depan.

"Sedangkan bintang diartikan sebagai tempat menggantungkan visi daerah pada tempat yang tinggi, ibaratnya langit," kata Jafrinaldi.

Ia berpendapat, perencanaan pada prinsipnya untuk menjawab permasalahan pembangunan dan keinginan dari masyarakat. Bappeda Litbang sebagai koordinator perencanaan pembangunan daerah bertugas memilah, memilih dan merumuskan kebijakan sesuai kebutuhan daerah.

"Kebijakan ini diwujudkan dalam suasana kebersamaan dan kekompakan," kata Jafrinaldi.

Berkat tema itu, Bappeda Litbang keluar sebagai juara pawai takbir di lingkungan Pemkab Kuansing. Sebagai bentuk apresiasi, Bupati Suhardiman memberikan reward berupa anggaran senilai Rp1 miliar dalam bentuk kegiatan. Reward ini akan dimasukkan dalam APBD P 2024.***