PEKANBARU, GORIAU.COM - Cabang Renang Riau berhasil membukukan satu medali perunggu pada hari pertama pertandingan di Pekan Olahraga Nasional (PON) Remaja, Surabaya, Senin (8/12/2014).

Medali tersebut sekaligus medali pertama Riau pada multiiven perdana tersebut. Az Zahra mampu mencatatkan waktu 2 menit 12,10 detik pada nomor 200 meter gaya bebas.

Sementara medali emas diraih perenang asal Jawa Timur dengan catatan waktu 2 menit 12,01 detik. Medali perak diraih perenang asal DKI Jakarta dengan catatan waktu 2 menit 12,09 detik.

"Alhamdulillah hari pertama cabang renang kita sudah bisa membukukan satu medali," kata Manajer Renang Riau, Andi Syamsul Bahri kepada GoRiau.com, Senin (8/12/2014).

Hasil tersebut diyakini Andi akan terus bertambah hingga pertandingan cabang renang selesai. "Kita yakin akan terus bertambah. Karena masih banyak nomor yang belum dipertandingkan," kata Andi.

Mengenai hasil perunggu tersebut, dikatakan Andi dirinya beserta jajaran pelatih sangat mengapresiasi raihan yang dicapai Az Zahra. Dirinya mengaku wajar, karena peraih medali emas dan perak di nomor tersebut berusia jauh di atas Az Zahra.

"Peraih emas dan perak berusia 17 tahun. Sementara Az Zahra baru berusia 12 tahun. Ini suatu pencapaian yang sangat luar biasa," sambung Andi.***