PEKANBARU, GORIAU.COM - Pasca terpilih secara aklamasi pada Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Riau di Hotel Grand Central, Pekanbaru, Minggu (28/12/2014), lalu, Ari Nugroho Arsadianto mulai membenahi dan menyusun program ke depan.

Konsolidasi dan komunikasi di internal menjadi fokus utama Ari bersama jajaran. Pembenahan komunikasi internal begitu penting untuk menyatukan suara membesarkan kepemudaan Riau ke depan.

"Bukan berarti yang lama tidak bagus, namun tentu perlu pembenahan. Karena internal menjadi penting untuk kemajuan ke depan. Menyatukan suara dan visi-misi berangkat dari internal," kata Ari saat berbincang-bincang dengan GoRiau.com, Selasa (30/12/2014).

"Saya duduk dengan dukungan seluruh pemuda, jadi kita akan susun program untuk membesarkan kepemudaan di Riau," sambungnya.

Saat disinggung mengenai program yang akan 'digarap' bersama jajaran dan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) di Riau, Ari Nugroho menginginkan bahwa mereka yang tergabung bersama KNPI bukan hanya sekedar duduk sebagai pengurus, begitu juga dengan OKP-OKP yang ada di Riau.

"Namun bagaimana pemuda ini bisa menjadi pengusaha. Kepemudaan menghasilkan kewirausahaan yang bisa menjadi modal bagi mereka yang muda," tandasnya.

'Kepemimpinan, Kepeloporan dan Kewirausahaan' menjadi dasar peletakan visi-misi Ari bersama KNPI ke depan. Bagaimana membentuk pemuda yang berjiwa 'interprenuer'.

"Tetapi itu akan kita lakukan jika pembenahan internal, yakni menjadi konsolidasi dan komunikasi di jajaran," tukasnya.

Konsep ke depan, Ari tetap berpegang kepada tujuan berdirinya KNPI. Merangkul seluruh pemuda dan organisasi kepemudaan, hingga menjadikan mereka bisa lebih baik dan siap menghadapi zaman ke depan.

Terlepas dari itu, Ari mengaku bahwa dirinya tetap butuh dorongan dan dukungan dari pemuda Riau. Karena dirinya menganggap pengalamannya dibanding yang terdahulu masih butuh pendampingan.

"Saya memang duduk sebagai ketua, namun itu tentu saja berdasarkan dukungan dari mereka. Untuk ke depan, saya juga dan akan tetap butuh mereka," ungkapnya.

Visi dan Misi Berubah

Setiap calon pasti sudah menyiapkan visi dan misi untuk maju sebagai calon ketua KNPI Riau. Termasuk Ari Nugroho yang sudah menyusun sedemikian rupa untuk disampaikan saat Musda KNPI.

Namun siapa sangka, di tengah perjalanan, visi dan misi itu berubah. Perubahan itu lebih kepada penambahan-penambahan di beberapa item, baik program maupun pengembangan kepemudaan Riau ke depan.

"Yang lama bukan salah, tetapi banyak masukan-masukan yang datang," ujar Ari Nugroho.

Siapa yang membuat visi dan misi Ari Nugroho tersebut bisa berubah? Jawabannya hanya satu, suara dari pemuda-pemuda Riau. "Di tengah perjalanan, mereka datang dan banyak memberi masukan-masukan, saya tampung untuk kemajuan organisasi kepemudaan Riau ke depan," tegas Ari Nugroho.

Jadi, kata Ari, visi dan misi yang akan dilaksanakannya ke depan, bukanlah milik dia sendiri, tetapi adalah milik pemuda Riau. "Jadi bukan visi dan misi saya lagi, tetapi visi dan misi bersama," sambungnya.***