JAKARTA, GORIAU.COM - Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi mengikuti Rapat Kerja Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM) yang dilaksanakan di Puri Agung, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (18/6/2013).

Rapat dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi serta para gubernur, walikota dan bupati se-Indonesia.

Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri usai pembukaan Rakernas mengungkapkan program pembangunan yang berpihak kepada masyarakat bertujuan sebagai percepatan penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Pemerintah daerah, kata Alfedri, tidak lepas tangan dan senantiasa mensupport dan mendukung program PNPM mandiri yang dilaksanakan selama ini di daerah. Beberapa program pembangunan dari PNPM antara lain pembangunan infrastruktur dan peningkatan perekonomian masyarakat.

Kegiatan Rakernas mengambil tema, penguatan kelembagaan untuk keberlanjutan program pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian. Kegiatan ini sendiri memiliki beberapa prinsip dasar pelaksanaan, yakni transparansi, keberpihakan kepada masyarakat, akuntabilitas dan keberlanjutan atau yang dikenal dengan sebutan Si Kompak.

Ditambahkan Alfedri, keberpihakan terhadap masyarakat merupakan komitmen utama pemerintah kabupaten Siak dalam merealisasikan berbagai program pembangunan. Sebagaimana harapan pemerintah untuk mewujudkan masyarakat Siak yang sejahtera. Dan dikabupaten Siak sendiri salah satu program yang langsung menitipkan peran kepada masyarakat pedesaan adalah melalui program dengan pemberian dana pokmas. Masyarakat desa diberikan kesempatan untuk mengelola dan menentukan sendiri program pembangunannya sendiri.

Program PNPM masih akan terus berlanjut dan dipastikan hingga 2014 mendatang karena sudah merupakan kegiatan pada RPJMN 2010-2014. Namun demikian Wakil Bupati mengharapkan bahwa berbagai kegiatan pembangunan juga memerlukan pengawasan dan keseriusan diseluruh lapisan masyarakat. Agar setiap program yang dilakukan dapat berjalan dengan baik dan hasil nya dapat dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat. (sks)