PEKANBARU - Sejumlah Polisi Wanita (Polwan), Rabu (20/4/2016), tampil beda di perempatan lampu merah Tugu Zapin, Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru, Riau. Sambil membagikan brosur, Srikandi Polwan ini juga mengenakan kain songket khas melayu.

Penampilan berbeda itu sengaja dilakukan menyambut Hari Kartini yang jatuh pada 21 April besok. Selain memakai songket, Polwan tersebut juga menggunakan selempang bertuliskan Hari Kartini. Tak ayal, wanita-wanita ini jadi perhatian para pengguna jalan.

Sambil menggunakan songket, polisi wanita tersebut juga menyebar brosur penerimaan Polri yang dibuka mulai 7 hingga 30 April 2016. Selain itu mereka juga memberikan bunga serta membantu pejalan kaki untuk menyeberang jalan, khususnya anak-anak.

Momen Hari Kartini tersebut juga di gunakan oleh pihak kepolisian untuk menyapa dan mensosialisasikan tertib berlalu lintas, khususnya di lampu merah Tugu Zapin. Tidak hanya Polwan, namun melibatkan Dishubkominfo Kota Pekanbaru, Riau.

Kanit Regident Sat Lantas Polresta Pekanbaru, AKP Puri Arum Lestari mengatakan, sosok seorang Kartini menjadi pelopor untuk kemajuan wanita di Indonesia. "Peringatan Hari Kartini merupakan sebuah kebanggaan, karena Kartini menjadi pelopor untuk kemajuan wanita di Indonesia," ucapnya.

Menurut dia, dampak dari perjuangan seorang Kartini yang dapat dirasakan oleh perempuan di Indonesia adalah mendapatkan pendidikan yang setara dan mendapatkan perlakuan yang sama dalam segi kehidupan. Meski demikian, ia berharap agar wanita tidak melupakan kodratnya sebagai seorang perempuan. ***